dc.description.abstract | Pembaharuan pendidikan dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas guru
sebagai pelaksana pendidikan. Guru diharapkan dapat menyampaikan bahan pelajaran
kepada siswa dengan cara dan metode yang tepat. Selain itu, buku sebagai sarana
belajar juga penting keberadaannya. Metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi
tersebut adalah metode pembelajaran terbalik ( reciprocal teaching ) .
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2006 di SMA Negeri 1 Kalisat.
Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dimana sampel
penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data
dilakukan dengan perhitungan t tes dan nilai efektivitas relatif. Hasil yang diperoleh
adalah adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen ( 80,65 ± 6,90 ) dan
kelas kontrol ( 75,15 ± 6,45 ). Melalui perhitungan t tes diperoleh t hitung sebesar 4,78 dan
ttabel 1,991. hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya diperoleh nilai efektivitas relatif
sebesar 7,32 %. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran reciprocal teaching
lebih efektif sebesar 7,32 % dibanding dengan pembelajaran konvensional.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah ada
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara metode pembelajaran terbalik
(reciprocal teaching) dengan metode konvensional dalam pembelajaran biologi sub
konsep alat indera dan penggunaan metode pembelajaran terbalik (reciprocal teaching)
lebih efektif dibanding dengan metode konvensional dalam pembelajaran biologi sub
konsep alat indera. | en_US |