Efektivitas Metode Pembelajaran Terbalik ( Reciprocal Teaching ) Dengan Pembanding Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Biologi (Sub Konsep Alat Indera Kelas XI SMA Negeri 1 Kalisat Tahun Ajaran 2005/2006),
Abstract
Pembaharuan pendidikan dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas guru 
sebagai pelaksana pendidikan. Guru diharapkan dapat menyampaikan bahan pelajaran 
kepada siswa dengan cara dan metode yang tepat. Selain itu, buku sebagai sarana 
belajar juga penting keberadaannya. Metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi 
tersebut adalah metode pembelajaran terbalik ( reciprocal teaching ) . 
 Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2006 di SMA Negeri 1 Kalisat. 
Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dimana sampel 
penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data 
dilakukan dengan perhitungan t tes dan nilai efektivitas relatif. Hasil yang diperoleh 
adalah adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen ( 80,65 ± 6,90 ) dan 
kelas kontrol ( 75,15 ± 6,45 ). Melalui perhitungan t tes  diperoleh t hitung sebesar 4,78 dan 
ttabel 1,991. hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar 
siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya diperoleh nilai efektivitas relatif 
sebesar 7,32 %. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran reciprocal teaching 
lebih efektif  sebesar 7,32 % dibanding dengan pembelajaran konvensional.  
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah ada 
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara metode pembelajaran terbalik  
(reciprocal teaching) dengan metode konvensional dalam pembelajaran biologi sub 
konsep alat indera dan penggunaan metode pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) 
lebih efektif dibanding dengan metode konvensional dalam pembelajaran biologi sub 
konsep alat indera.