• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MOVING CLASS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMANEN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH Studi Kasus Pada Siswa Kelas II Di SMP Negeri 1 Panarukan Tahun Ajaran 2005/2006

    Thumbnail
    View/Open
    a (119)-_1.pdf (52.62Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    DIANA RISTANINGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diperoleh suatu kesimpulan, sebagai berikut: 1) Penggunaan model pembelajaran Moving Class dalam pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 1 Panarukan terbukti efektif. Keefektifan penggunaan model pembelajaran Moving Class dapat dibuktikan dengan adanya beberapa faktafakta yang berupa hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah. Berdasarkan fakta yang ada diketahui bahwa hasil belajar siswa lebih meningkat dari pada hasil belajar siswa pada semester sebelumnya, yaitu pada saat sekolah masih menerapkan model pembelajaran Permanen Kelas/kelas tetap. Hasil belajar siswa khususnya kelas II tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dengan rincian kelas II-A mencapai nilai rata-rata 74,9, untuk kelas kelas II-B mencapai nilai rata-rata 75,3, untuk kelas kelas II-C mencapai nilai rata-rata 74,7, untuk kelas kelas II-D mencapai nilai rata-rata 74. Bukti lain dari keefektivan penggunaan model pembelajaran Moving Class dalam pembelajaran Sejarah juga didukung oleh tingkat keefektivan relatif tiap kelas, khususnya untuk kelas II yang datanya diambil berdasarkan analisis data dari data hasil penelitian yang berupa nilai rata-rata siswa yang kemudian diolah berdasarkan rumus yang sudah ditentukan. Rincian tingkat keefektivan penggunaan model pembelajaran Moving Class antara lain, untuk kelas II-A mencapai 15,2%, untuk kelas II-B mencapai 15,8%, untuk kelas II-C mencapai 13,8%, untuk kelas II-D mencapai 13,8%. Tingkat keefektivan penggunaan model pembelajaran Moving Class secara keseluruhan kelas II adalah mencapai –9,8%. Sisi lain dari bukti pendukung keefektivan penggunaan model pembelajaran Moving Class adalah adanya karya siswa yang dituang dalam suatu kegiatan Kunjung Karya dan Majalah Dinding (Mading) dan adanya fakta bahwa guru tidak kesulitan dalam menyediakan media pembelajaran di ruang kelas mata pelajaran, khususnya mata pelajaran sejarah/bidang studi IPS; 2) Efektivitas penggunaan model pembelajaran Permanen Kelas ini terbukti kurang efektif. Hal itu terbukti bahwa tingkat keefektivan yang diperoleh pada saat sekolah menggunakan model pembelajaran Permanen Kelas/kelas tetap nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas II hanya mencapai beberapa persen saja. Adapun rincian nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas II di SMP Negeri 1 Panarukan adalah kelas II-A jumlahnya sebesar 70,1 kelas II-B jumlahnya sebesar 70,6 kelas II-C jumlahnya sebesar 70,1 kelas II-D jumlahnya sebesar 69,5. Bukti tersebut juga didukung oleh tingkat efektivitas relatif dalam penggunaan model pembelajaran Permanen Kelas, yaitu untuk kelas II-A tingkat efektivitasnya mencapai 7,8%, untuk kelas II-B tingkat efektivitasnya mencapai 8,6%, untuk kelas II-C tingkat efektivitasnya mencapai 7,8% untuk kelas II-D tingkat efektivitasnya mencapai 6,9%. Tingkat efektivitas relatif secara keseluruhan kelas, khususnya kelas II (kelas II-A, kelas II-B, kelas II-C, dan kelas II-D ) mencapai – 52,1%. Bukti lain juga dapat dilihat dari kegiatan pengembangan hasil karya siswa yang hanya membuat Majalah Dinding (Mading) saja dan tidak ada kegiatan Kunjung Karya serta adanya kesulitan dari pihak guru dalam menyediakan media pembelajaran dalam ruang kelas mata pelajaran; 3) Keaktifan dan keefektivan pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 1 Panarukan lebih efektif dengan menggunakan model pembelajaran Moving Class. Hal ini dibuktikan dengan adanya fakta-fakta yang ada. Fakta yang diperoleh dari hasil penelitian yang sudah diolah tersebut terbukti bahwa pembelajaran Sejarah menggunakan model pembelajaran Moving Class pada kelas II-A terdapat peningkatan keaktifan siswa dan keefektivan belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari data nilai siswa yang sudah diolah berdasarkan rumus yang sudah ditentukan sehingga dapat erhitung bahwa siswa mencapai keberhasilan belajar sebesar 15,2 % sedangkan keefektifan siswa pada saat penerapan model pembelajarn Kelas Permanen sebesar 7,8 %. Khusus untuk siswa kelas II-B yang menerapakan model pembelajaran Kelas Permanen mencapai keberhasilan belajar sebesar 8,6 % sedangkan pada saat penerapan model pembelajaran Moving Class dapat diketahui hasil belajar siswa yang dicapai adalah sebesar 15,8 %. Hasil belajar siswa kelas II-C pada saat penerapan model pembelajarn Kelas Permanen mencapai nilai sebesar 7,8 % sedangkan pada saat penerapan model pembelajaran Moving Class hasil belajar siswa mencapai nilai sebesar 13,8 %. Hasil belajar siswa kelas II-D pada saat penerapan model pembelajarn Kelas Permanen mencapai nilai sebesar 6,9 % sedangkan pada saat penerapan model pembelajaran Moving Class hasil belajar siswa mencapai nilai sebesar 13,8%. Perhitungan data nilai keefektivan kedua model pembelajaran tersebut secara keseluruhan adalah dalam penerapan model pembelajaran Moving Class dapat diperoleh data nilai sebesar 9,8 % = 9,8 sedangkan penerapan model pembelajaran Kelas Permanen/Tetap dapat diperoleh data nilai sebesar –52,1%= 52,1. Data nilai keefektivan yang sudah diolah atau dianalisis tersebut menyimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Moving Class lebih baik dan dapat ditindak lanjutin oleh pemerintah untuk diterapkan sekolah-sekolah lain yang belum menerapkan model pembelajaran Moving Class.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16195
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga). 

      Ikhsanul Halikin (2013-12-24)
      Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ...
    • PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP 

      SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)
      Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ...
    • Variabel-Variabel Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Hasil Belajar, Karakteristik Pebelajar, Strategi dan Metode Pembelajaran, Organisasi Isi Pembelajaran 

      Ani, Hety Mustika (2013-07-01)
      Character education aims to improve the quality of the implementation and outcomes of education that leads to the completed, integrated and balanced achievements of the character building and good moral values of students, ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository