ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK DISONANSI KOGNITIF PADA MAHASISWA PENGGUNA HANDPHONE BLACKBERRY (di program studi) MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya,
maka dapat diambil kesimpulan berkaitan dengan faktor-faktor pembentuk
disonansi kognitif pada mahasiswa pengguna handphone BlackBerry di program
Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember yaitu sebagai berikut:
1. faktor pertama (F1) dinamakan faktor perasaan kesal atau jengkel, terdiri
dariperasaan telah membuat sesuatu yang salah, perasaan kesal atau jengkel,
perasaan sakit hati, dan perasaan muak
2. faktor kedua (F2) dinamakan faktor perasaan hampa, terdiri dariperasaan
hampa dan perasaan khawatir
3. faktor ketiga (F3) dinamakan faktor perasaan kecewa dengan diri sendiri,
terdiri dariperasaan kecewa dengan diri sendiri, perasaan sangat
membutuhkan, dan perasaan terkejut karena merasa telah membuat kesalahan
atas persetujuan yang telah anda buat
4. faktor keempat (F4) dinamakan faktor perasaan putus asa, terdiri dariperasaan
putus asa, perasaan takut, dan perasaan mendapat masalah
5. faktor kelima (F5) dinamakan faktor perasaan bahwa tidak perlu membeli,
terdiri dariperasaan menyesal, perasaan marah, dan perasaan bahwa tidak
perlu membeli