• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MOVING CLASS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMANEN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH Studi Kasus Pada Siswa Kelas II Di SMP Negeri 1 Panarukan Tahun Ajaran 2005/2006

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-dianarista-533-dianari-h xxxxxxxxxxxxxxxxx_1.pdf (1.818Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    DIANA RISTANINGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Sejarah yang bersifat monoton dan membosankan bagi siswa disebabkan oleh salah satu faktor ekstern. Kaitannya dengan penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran Sejarah yang berhubungan dengan kondisis ruang kelas dan media pembelajaran. Hal itu mengakibatkan siswa cenderung malas belajar dan pasif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar yang diraih kurang memuaskan. Kebosanan dan kejenuhan belajar siswa dalam ruang kelas didorong oleh keadaan ruang kelas yang monoton tanpa adanya refresing atau penyegaran untuk siswa dalam memulai materi atau mata pelajaran disetiap pergantian jam mata pelajaran. Untuk Mengaktifkan siswa dan meningkatkan hasil belajar sejarah, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yang juga didukung oleh metode pembelajaran yang variatif. Salah satu model pembelajaran yang digunakan oleh sekolah, yaitu model pembelajaran Moving Class dan model pembelajaran Permanen Kelas. Model pembelajaran Moving Class adalah suatu model pembelajaran yang mana siswa selalu berpindah-pindah di kelas mata pelajaran pada setiap terjadi pergantian jam mata pelajaran dan guru mata pelajaran menunggu dalam ruang kelas mata pelajaran sesuai dengan bidang studi yang diajarkan. Sarana dan prasarana media pembelajarannya sudah tersedia dalam masing-masing ruang kelas mata pelajaran sehingga guru tidak mengalami kesulitan dalam menyediakan media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Salah satu bagian dari kegiatan model pembelajaran Moving Class adalah adanya Kunjung Karya, yaitu viii penempelan hasil kerja siswa yang berdasarkan pada materi yang diajarkan atau materi yang dibahas. Penempelan hasil kerja siswa tersebut diletakkan pada dinding bagian belakang kelas mata pelajaran. Sedangkan model pembelajaran Permanen Kelas/kelas tetap adalah suatu ruang kelas yang digunakan secara tetap oleh siswa dan guru yang berfungsi sebagai ruang belajar mengajar di sekolah secara klasikal atau berurutan sesuai dengan tingkatannya. Tingkatan kelas yang ada di SMP Negeri 1 Panarukan antara lain: Kelas 1-A, kelas 1-B, kelas 1-C, kelas 1-D, kelas II-A, kelas II-B, kelas II-C, kelas II-D, kelas III-A, kelas III-B, kelas III-C dan, kelas III-D. Guru sebagai tim pengajar dalam satu kelas yang tetap dan sama. Dalam satu kelas ada 4 orang guru berbeda bidang studinya yang mengajar mata pelajaran yang berbeda pula selama proses belajar mengajar berlangsung dalam 7 jam dengan 3 atau 4 mata pelajaran di satu ruang kelas yang tetap secara klasikal. Permasalahan dalam penelitian ini: 1) Bagaimanakah Efektivitas penggunaan Model Pembelajaran Moving Class pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas II di SMP Negeri 1 Panarukan Tahun Ajaran 2005/2006 ? 2) Bagaimanakah Efektivitas penggunaan Model Pembelajaran Permanen Kelas pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas II di SMP Negeri 1 Panarukan Tahun Ajaran 2005/2006 ? 3) Bagaimanakah Hasil Perbandingan antara Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Moving Class dengan Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Permanen Kelas pada Efektivitas Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas II di SMP Negeri 1 Panarukan Tahun Ajaran 2005/2006 ?
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14826
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga). 

      Ikhsanul Halikin (2013-12-24)
      Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ...
    • PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP 

      SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)
      Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ...
    • Variabel-Variabel Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Hasil Belajar, Karakteristik Pebelajar, Strategi dan Metode Pembelajaran, Organisasi Isi Pembelajaran 

      Ani, Hety Mustika (2013-07-01)
      Character education aims to improve the quality of the implementation and outcomes of education that leads to the completed, integrated and balanced achievements of the character building and good moral values of students, ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository