PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
hasil prestasi yang maksimal.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari
disiplin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X
di SMA N 1 Leces Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2010/2011, serta mengetahui
pengaruh yang paling dominan diantara disipin belajar dan dukungan orang tua
terhadap prestasi belajar. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu
simple random sampling dengan sampel sebanyak 73 siswa, sedangkan metode
pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial.
Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa disiplin belajar (X1) dan dukungan
orang tua (X2) berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar (Y). Dibuktikan
pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 77,043 > Ftabel 3,12 dan α = 0,05 > sig F =
0,000, yang berarti bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Leces
tahun ajaran 2010/2011, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel disiplin belajar
dan dukungan orang tua secara simultan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap
prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa disiplin belajar
berpengaruh sebesar 34,70% dengan thitung sebesar 6,073. Sedangkan dukungan orang
tua berpengaruh sebesar 34,05 % dengan thitung sebesar 5,989 Berdasarkan
perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa tidak ada variabel bebas yang
berpengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar dan
dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Adapun
pengaruhnya dapat dilihat secara simultan dan parsial, jadi sangat penting penerapan
disiplin belajar dan dukungan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.