• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    DANANG SETYAWAN.pdf (222.9Kb)
    Date
    2013-10-29
    Author
    SETYAWAN, DANANG
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    hasil prestasi yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari disiplin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X di SMA N 1 Leces Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2010/2011, serta mengetahui pengaruh yang paling dominan diantara disipin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling dengan sampel sebanyak 73 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa disiplin belajar (X1) dan dukungan orang tua (X2) berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar (Y). Dibuktikan pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 77,043 > Ftabel 3,12 dan α = 0,05 > sig F = 0,000, yang berarti bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Leces tahun ajaran 2010/2011, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel disiplin belajar dan dukungan orang tua secara simultan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh sebesar 34,70% dengan thitung sebesar 6,073. Sedangkan dukungan orang tua berpengaruh sebesar 34,05 % dengan thitung sebesar 5,989 Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa tidak ada variabel bebas yang berpengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Adapun pengaruhnya dapat dilihat secara simultan dan parsial, jadi sangat penting penerapan disiplin belajar dan dukungan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1444
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository