Show simple item record

dc.contributor.authorSETYAWAN, DANANG
dc.date.accessioned2013-10-29T07:25:17Z
dc.date.available2013-10-29T07:25:17Z
dc.date.issued2013-10-29
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1444
dc.description.abstracthasil prestasi yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari disiplin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X di SMA N 1 Leces Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2010/2011, serta mengetahui pengaruh yang paling dominan diantara disipin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling dengan sampel sebanyak 73 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa disiplin belajar (X1) dan dukungan orang tua (X2) berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar (Y). Dibuktikan pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 77,043 > Ftabel 3,12 dan α = 0,05 > sig F = 0,000, yang berarti bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Leces tahun ajaran 2010/2011, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel disiplin belajar dan dukungan orang tua secara simultan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh sebesar 34,70% dengan thitung sebesar 6,073. Sedangkan dukungan orang tua berpengaruh sebesar 34,05 % dengan thitung sebesar 5,989 Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa tidak ada variabel bebas yang berpengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Adapun pengaruhnya dapat dilihat secara simultan dan parsial, jadi sangat penting penerapan disiplin belajar dan dukungan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectDisiplin Belajar, Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record