• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI EVERY ONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VB SDN KARANGPRING 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Deni Adi Putra_001.pdf (1.018Mb)
    Date
    2013-10-23
    Author
    DENI ADI PUTRA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipelajari siswa di sekolah. Keterampilan membaca diberikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia agar siswa mampu menelaah isi suatu wacana secara menyeluruh. Di sekolah dasar terdapat jenis-jenis membaca yang diajarkan yaitu salah satunya adalah membaca pemahaman. Di dalam penguasaan materi pembelajaran, membaca pemahaman memegang peranan penting karena dapat menelaah isi dari suatu informasi yang disampaikan secara tertulis. Berdasarkan pengamatan awal di SDN Karangpring 02 Jember, diperoleh permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa masih belum bisa melakukan membaca pemahaman dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dipilih strategi every one is teacher here sebagai alternatif pemecahan masalah, karena strategi ini dapat meningkatkan pemahaman dan kreatifitas siswa dalam membaca dengan cara membuat dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan yang dibacanya. Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “a) Bagaimanakah proses penerapan strategi every one is teacher here yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012 ? b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman dengan menggunakan strategi every one is teacher here pada siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012 ?”. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah a) Mendeskripsikan proses penerapan strategi every one is teacher here yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012, dan b) Meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman dengan menggunakan strategi every one is teacher here pada siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan jenis penelitian kolaboratif, dimana peneliti sebagai observer dan guru kelas sebagai pelaksana tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Model penelitian yang digunakan yaitu model penelitian Hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Proses penerapan strategi every one is teacher here yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember yaitu: 1) guru mengecek kesiapan siswa sebelum mengikuti pelajaran, 2) guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi every one is teacher here dengan jelas, 3) guru memberikan contoh dalam membuat pertanyaan dan jawaban sesuai bacaan, 4) guru sering membimbing dan mengecek siswa dalam membuat dan menjawab pertanyaan, dan 5) guru memberikan penghargaan kepada siswa pada saat melakukan presentasi. Hasil penelitian dari penerapan strategi every one is teacher here dalam kegiatan pembelajaran membaca pemahaman mengalami peningkatan. Siswa dapat membuat dan menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan serta dapat mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa juga dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan KKM yang ditetapkan yaitu 65. Nilai rata-rata pada tahap prasiklus yaitu 58,10. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 64,30 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 85,38. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek membaca pemahaman dapat menggunakan strategi every one is teacher here karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Selain itu siswa bisa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran serta dapat menumbuhkan kemandirian dan kreativitas siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1383
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository