MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI EVERY ONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VB SDN KARANGPRING 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipelajari siswa 
di  sekolah.  Keterampilan  membaca  diberikan  dalam  pembelajaran  Bahasa  Indonesia 
agar  siswa  mampu  menelaah  isi  suatu  wacana  secara  menyeluruh.  Di  sekolah  dasar 
terdapat  jenis-jenis  membaca  yang  diajarkan  yaitu  salah  satunya  adalah  membaca 
pemahaman.  Di  dalam  penguasaan  materi  pembelajaran,  membaca  pemahaman 
memegang  peranan  penting  karena  dapat  menelaah  isi  dari  suatu  informasi  yang 
disampaikan secara tertulis.  
Berdasarkan  pengamatan  awal  di  SDN  Karangpring  02  Jember,  diperoleh 
permasalahan  dalam  pembelajaran  Bahasa  Indonesia  yaitu  siswa  masih  belum  bisa 
melakukan  membaca  pemahaman  dengan  baik.  Untuk  mengatasi  permasalahan 
tersebut  dipilih  strategi  every  one  is  teacher  here  sebagai  alternatif  pemecahan 
masalah,  karena  strategi  ini  dapat  meningkatkan  pemahaman  dan  kreatifitas  siswa 
dalam  membaca  dengan  cara  membuat  dan  menjawab  pertanyaan  berdasarkan  teks 
bacaan yang dibacanya. 
Berdasarkan pernyataan  di atas, permasalahan  yang dibahas dalam penelitian 
ini adalah “a) Bagaimanakah proses penerapan strategi every one is teacher here yang 
dapat  meningkatkan  kemampuan  membaca  pemahaman  siswa  kelas  VB  SDN 
Karangpring  02  Jember  tahun  pelajaran  2011-2012  ?  b)  Bagaimanakah  peningkatan 
hasil  belajar  membaca  pemahaman  dengan  menggunakan  strategi  every  one  is 
teacher  here  pada  siswa  kelas  VB  SDN  Karangpring  02  Jember  tahun  pelajaran 
2011-2012  ?”. Sesuai  dengan  permasalahan  yang  ada,  tujuan  yang  ingin  dicapai 
adalah a) Mendeskripsikan proses penerapan strategi  every one is teacher here  yang 
dapat  meningkatkan  kemampuan  membaca  pemahaman  siswa  kelas  VB  SDN Karangpring  02  Jember  tahun  pelajaran  2011-2012,  dan  b)  Meningkatkan  hasil 
belajar membaca pemahaman dengan menggunakan strategi every one is teacher here 
pada siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012.  
Rancangan penelitian yang digunakan  dalam penelitian ini adalah rancangan 
penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  dan  jenis  penelitian  kolaboratif,  dimana  peneliti 
sebagai  observer  dan  guru  kelas  sebagai  pelaksana  tindakan.  Penelitian  ini 
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Model penelitian yang digunakan 
yaitu  model  penelitian  Hopkins.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  dalam 
penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. 
Proses penerapan strategi every one is teacher here yang dapat meningkatkan 
kemampuan  membaca  pemahaman  siswa  kelas  VB  SDN  Karangpring  02  Jember 
yaitu:  1)  guru  mengecek  kesiapan  siswa  sebelum  mengikuti  pelajaran,  2)  guru 
menjelaskan  langkah-langkah  pembelajaran  membaca  pemahaman  menggunakan 
strategi  every  one  is  teacher  here  dengan  jelas,  3)  guru  memberikan  contoh  dalam 
membuat  pertanyaan  dan  jawaban  sesuai  bacaan,  4)  guru  sering  membimbing  dan 
mengecek  siswa  dalam  membuat  dan  menjawab  pertanyaan,    dan  5)  guru 
memberikan penghargaan kepada siswa pada saat melakukan presentasi.  
Hasil  penelitian  dari  penerapan  strategi  every  one  is  teacher  here  dalam 
kegiatan  pembelajaran  membaca  pemahaman  mengalami  peningkatan.  Siswa  dapat 
membuat  dan  menjawab  pertanyaan  berdasarkan  bacaan  serta  dapat 
mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.  Peningkatan kemampuan membaca 
pemahaman  siswa  juga  dapat  dilihat  dari  perbandingan  nilai  pada  tahap  prasiklus, 
siklus  I,  dan  siklus  II  dengan  KKM  yang  ditetapkan  yaitu  65.  Nilai  rata-rata  pada 
tahap prasiklus yaitu 58,10. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 64,30 dan  pada siklus 
II nilai rata-rata siswa 85,38. 
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran 
bahasa Indonesia aspek membaca pemahaman dapat menggunakan strategi every one 
is teacher here karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Selain itu siswa 
bisa menjadi lebih aktif  dalam pembelajaran serta dapat menumbuhkan kemandirian 
dan kreativitas siswa.
