Show simple item record

dc.contributor.authorDENI ADI PUTRA
dc.date.accessioned2013-10-23T02:26:03Z
dc.date.available2013-10-23T02:26:03Z
dc.date.issued2013-10-23
dc.identifier.nimNIM070210204111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1383
dc.description.abstractMembaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipelajari siswa di sekolah. Keterampilan membaca diberikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia agar siswa mampu menelaah isi suatu wacana secara menyeluruh. Di sekolah dasar terdapat jenis-jenis membaca yang diajarkan yaitu salah satunya adalah membaca pemahaman. Di dalam penguasaan materi pembelajaran, membaca pemahaman memegang peranan penting karena dapat menelaah isi dari suatu informasi yang disampaikan secara tertulis. Berdasarkan pengamatan awal di SDN Karangpring 02 Jember, diperoleh permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa masih belum bisa melakukan membaca pemahaman dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dipilih strategi every one is teacher here sebagai alternatif pemecahan masalah, karena strategi ini dapat meningkatkan pemahaman dan kreatifitas siswa dalam membaca dengan cara membuat dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan yang dibacanya. Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “a) Bagaimanakah proses penerapan strategi every one is teacher here yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012 ? b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman dengan menggunakan strategi every one is teacher here pada siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012 ?”. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah a) Mendeskripsikan proses penerapan strategi every one is teacher here yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012, dan b) Meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman dengan menggunakan strategi every one is teacher here pada siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan jenis penelitian kolaboratif, dimana peneliti sebagai observer dan guru kelas sebagai pelaksana tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Model penelitian yang digunakan yaitu model penelitian Hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Proses penerapan strategi every one is teacher here yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember yaitu: 1) guru mengecek kesiapan siswa sebelum mengikuti pelajaran, 2) guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi every one is teacher here dengan jelas, 3) guru memberikan contoh dalam membuat pertanyaan dan jawaban sesuai bacaan, 4) guru sering membimbing dan mengecek siswa dalam membuat dan menjawab pertanyaan, dan 5) guru memberikan penghargaan kepada siswa pada saat melakukan presentasi. Hasil penelitian dari penerapan strategi every one is teacher here dalam kegiatan pembelajaran membaca pemahaman mengalami peningkatan. Siswa dapat membuat dan menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan serta dapat mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa juga dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan KKM yang ditetapkan yaitu 65. Nilai rata-rata pada tahap prasiklus yaitu 58,10. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 64,30 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 85,38. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek membaca pemahaman dapat menggunakan strategi every one is teacher here karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Selain itu siswa bisa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran serta dapat menumbuhkan kemandirian dan kreativitas siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204111;
dc.subjectSTRATEGI EVERY ONE IS TEACHER HEREen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI EVERY ONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VB SDN KARANGPRING 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record