Analisis Efisiensi Biaya Pemasaran Menurut Jenis Produk pada PT.Gawih Jaya di Jember
Abstract
Penelitian dengan judul Analisis Efisiensi Biaya Pemasaran Menurut Jenis
Produk Pada PT. Gawih Jaya di Jember dilakukan dengan tujuan mengetahui laba
bersih dan tingkat efisiensi biaya pemasaran setiap jenis produk pada periode
tahun 1998 semester 2 sJd tahun 2000 semester 2. Manfaat analisis biaya
pemasaran adalah dalam pengendalian kegiatan pemasaran, terutama pada
perusahaan yang tidak hanya memasarkan satu jenis produk saja.
Untuk mengetahui besar laba bersih digunakan metode full costing,
sedangkan umtuk mengetahui tingkat efisiensi biaya pemasaran menurut jenis
produk menggunakan perhitungan perbandingan antara laba kotor dengan biaya
pemasaran dikalikan seratus persen. Metode pengumpulan data dipakai dalam
penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka.
Produk yang diteliti meliputi rokok Wismilak Diplomat 12, Wismilak Filter,
dan Wismilak Light. Hasil penelitian pada rokok Wismilak Diplomat 12 tingkat
efisiensi biaya pemasaran yang paling tinggi pada tahun 2000 semester 2 sebesar
3. 477,04%, rokok Wismilak Light tingkat efisiensi biaya pemasaran yang paling
tinggi pada tahun 2000 semester 1 sebesar 3.624,61%, dan rokok Wismilak Filter
tingkat efisiensi biaya pemasaran yang paling tinggi pada tahun 2000 semester 2
sebesar 3.309,59%.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efisiensi biaya
pemasaran cukup baik dengan tingkat efisiensi diatas seratus persen. Pada rokok
Wismilak Filter harus memberi porsi perhatian yang besar karena tingkat efisiensi
yang paling kecil daripada kedua rokok lainnya.