Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorYuniartanti, Pipin
dc.date.accessioned2025-11-20T07:35:19Z
dc.date.available2025-11-20T07:35:19Z
dc.date.issued2002-04-10
dc.identifier.nim2000810201529 Een_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128716
dc.descriptionFinalisasi Oleh Ardi Tgl 29 Nopember 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian dengan judul Analisis Efisiensi Biaya Pemasaran Menurut Jenis Produk Pada PT. Gawih Jaya di Jember dilakukan dengan tujuan mengetahui laba bersih dan tingkat efisiensi biaya pemasaran setiap jenis produk pada periode tahun 1998 semester 2 sJd tahun 2000 semester 2. Manfaat analisis biaya pemasaran adalah dalam pengendalian kegiatan pemasaran, terutama pada perusahaan yang tidak hanya memasarkan satu jenis produk saja. Untuk mengetahui besar laba bersih digunakan metode full costing, sedangkan umtuk mengetahui tingkat efisiensi biaya pemasaran menurut jenis produk menggunakan perhitungan perbandingan antara laba kotor dengan biaya pemasaran dikalikan seratus persen. Metode pengumpulan data dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka. Produk yang diteliti meliputi rokok Wismilak Diplomat 12, Wismilak Filter, dan Wismilak Light. Hasil penelitian pada rokok Wismilak Diplomat 12 tingkat efisiensi biaya pemasaran yang paling tinggi pada tahun 2000 semester 2 sebesar 3. 477,04%, rokok Wismilak Light tingkat efisiensi biaya pemasaran yang paling tinggi pada tahun 2000 semester 1 sebesar 3.624,61%, dan rokok Wismilak Filter tingkat efisiensi biaya pemasaran yang paling tinggi pada tahun 2000 semester 2 sebesar 3.309,59%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efisiensi biaya pemasaran cukup baik dengan tingkat efisiensi diatas seratus persen. Pada rokok Wismilak Filter harus memberi porsi perhatian yang besar karena tingkat efisiensi yang paling kecil daripada kedua rokok lainnya.en_US
dc.description.sponsorshipBpk. Drs. H. Soegiharto, PH selaku pembimbing I Bpk. Drs. Adi Prasojo selaku pembimbing 11en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectBIAYA PEMASARANen_US
dc.subjectJENIS PRODUKen_US
dc.subjectPT. GAWIH JAYAen_US
dc.titleAnalisis Efisiensi Biaya Pemasaran Menurut Jenis Produk pada PT.Gawih Jaya di Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiManajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Bpk. Drs. H. Soegiharto, PHen_US
dc.identifier.pembimbing2Bpk. Drs. Adi Prasojoen_US
dc.identifier.validatorArdien_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record