Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Dispendukcapil Kabupaten Jember
Abstract
Pelayanan publik termasuk dalam administrasi publik yang wajib diberikan kepada seluruh kalangan masyarakat dimana menjadi kewajiban pemerintah setempat. Dispendukcapil Kabupaten Jember sebagai instansi penyedia layanan untuk masyarakat yang ingin mengurus dan membuat surat-surat dokumen masyarakat yang sifatnya wajib dimiliki dalam bernegara. Jurnal ini mengkaji kualitas pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik di Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Jember dengan metode kuantitatif yang menggunakan teknik sampel non probability sampling berjenis accidental sampling dan didapatkan jumlah 97 responden penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik pada Dispendukcapil Kabupaten Jember menghasilkan kualitas pelayanan yang baik menurut hasil data responden yang sudah dianalisis.