• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Brain-Based Learning dengan Media AI Plant-Net Identifier Pada Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berargumentasi Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Repository_Nuraida Delia Purnamasari_210210103066.pdf (1.799Mb)
    Date
    2025-02-07
    Author
    PURNAMASARI, Nuraida Delia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Argumentasi merupakan bentuk diskusi yang memicu berpikir kritis dan melibatkan proses berpikir. Keterampilan berargumentasi tidak dapat dilakukan dengan metode konvensional karena keterampilan tersebut membutuhkan kegiatan yang aktif. Keterampilan berargumentasi berkaitan dengan kemampuan penalaran yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi mencakup ilmu sains dengan materi yang kompleks dan dapat menyebabkan siswa kurang tertarik dan menurunkan minat belajar siswa. Dalam hal ini pendidik harus menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Model pembelajaran Brain-Based Learning dapat dijadikan salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut. Model pembelajaran Brain-Based Learning merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar. Model pembelajaran Brain-Based Learning memungkinkan otak belajar alami dan membantu siswa terlibat langsung dalam pembelajaran yang efektif dengan bantuan media tertentu. Media AI Plant Net Identifier merupakan aplikasi berbagi gambar yang digunakan untuk mengidentifikasi tumbuhan. Media AI Plant Net Identifier memiliki beberapa fitur dengan fitur utama yaitu pengidentifikasian tumbuhan dari foto. Media ini memiliki tampilan yang menarik dengan fitur yang mudah digunakan oleh pengguna. Sehingga, dengan menggunakan media ini siswa akan merasa senang dalam proses pembalajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh model pembalajaran Brain-Based Learning dengan menggunakan media AI Plant Net Identifier terhadap minat belajar dan keterampilan berargumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Jember pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian yang digunakan terdapat 2 kelas yaitu, kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan X-7 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif kuasi ekperimen yang terdiri dari kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Brain-Based Learning dengan media AI Plant Net Identifier dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ANAKOVA untuk minat belajar dan katerampilan berargumentasi dengan menggunakan SPSS 25. Hasil minat belajar siswa pada kelas kontrol setelah penelitian memiliki rata-rata 57,4 dengan kategori cukup berminat dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 62,4 dengan kategori berminat. Hasil uji ANAKOVA minat belajar memiliki nilai (P) sebesar 0,011. Hasil keterampilan berargumentasi kelas kontrol setelah penelitian memiliki rata-rata sebesar 60,5 dengan kategori sedang. Sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 71,4 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji ANAKOVA keterampilan berargumentasi diperoleh nilai (P) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut berarti penerapan model pembelajaran Brain-Based Learning dengan media AI Plant Net Identifier berpengaruh terhadap minat belajar dan keterampilan berargumentasi siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128698
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15777]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository