| dc.contributor.author | PURNAMASARI, Nuraida Delia | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-20T06:14:00Z | |
| dc.date.available | 2025-11-20T06:14:00Z | |
| dc.date.issued | 2025-02-07 | |
| dc.identifier.nim | 210210103066 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128698 | |
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 20 November 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Argumentasi merupakan bentuk diskusi yang memicu berpikir kritis dan
melibatkan proses berpikir. Keterampilan berargumentasi tidak dapat dilakukan
dengan metode konvensional karena keterampilan tersebut membutuhkan kegiatan
yang aktif. Keterampilan berargumentasi berkaitan dengan kemampuan penalaran
yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi
mencakup ilmu sains dengan materi yang kompleks dan dapat menyebabkan siswa
kurang tertarik dan menurunkan minat belajar siswa. Dalam hal ini pendidik harus
menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Model
pembelajaran Brain-Based Learning dapat dijadikan salah satu upaya untuk
mengatasi hal tersebut.
Model pembelajaran Brain-Based Learning merupakan model
pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa sehingga dapat
meningkatkan minat belajar. Model pembelajaran Brain-Based Learning
memungkinkan otak belajar alami dan membantu siswa terlibat langsung dalam
pembelajaran yang efektif dengan bantuan media tertentu. Media AI Plant Net
Identifier merupakan aplikasi berbagi gambar yang digunakan untuk
mengidentifikasi tumbuhan. Media AI Plant Net Identifier memiliki beberapa fitur
dengan fitur utama yaitu pengidentifikasian tumbuhan dari foto. Media ini memiliki
tampilan yang menarik dengan fitur yang mudah digunakan oleh pengguna.
Sehingga, dengan menggunakan media ini siswa akan merasa senang dalam proses
pembalajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh
model pembalajaran Brain-Based Learning dengan menggunakan media AI Plant
Net Identifier terhadap minat belajar dan keterampilan berargumentasi.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Jember pada semester ganjil Tahun
Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian yang digunakan terdapat 2 kelas yaitu, kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan X-7 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini
yaitu menggunakan metode kuantitatif kuasi ekperimen yang terdiri dari kelas
eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Brain-Based Learning dengan
media AI Plant Net Identifier dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.
Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ANAKOVA untuk
minat belajar dan katerampilan berargumentasi dengan menggunakan SPSS 25.
Hasil minat belajar siswa pada kelas kontrol setelah penelitian memiliki
rata-rata 57,4 dengan kategori cukup berminat dan rata-rata kelas eksperimen
sebesar 62,4 dengan kategori berminat. Hasil uji ANAKOVA minat belajar
memiliki nilai (P) sebesar 0,011. Hasil keterampilan berargumentasi kelas kontrol
setelah penelitian memiliki rata-rata sebesar 60,5 dengan kategori sedang.
Sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 71,4 dengan kategori
tinggi. Berdasarkan hasil uji ANAKOVA keterampilan berargumentasi diperoleh
nilai (P) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut berarti penerapan model
pembelajaran Brain-Based Learning dengan media AI Plant Net Identifier
berpengaruh terhadap minat belajar dan keterampilan berargumentasi siswa. | en_US |
| dc.description.sponsorship | DPU: Dr. Jekti Prihatin, M.Si.
DPA: Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
| dc.subject | Biology Learning | en_US |
| dc.subject | Brain-Based Learning | en_US |
| dc.subject | AI Plant Net Identifier Media | en_US |
| dc.subject | Learning Interest | en_US |
| dc.subject | Argumentative skills | en_US |
| dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Brain-Based Learning dengan Media AI Plant-Net Identifier Pada Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berargumentasi Siswa SMA | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Biologi | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Jekti Prihatin, M.Si. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
| dc.identifier.validator | Rudy K | en_US |