• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Rambipuji Kabupaten Jember Tahun 2006

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Wahyuni_022110101091.pdf (3.129Mb)
    Date
    2006-09-26
    Author
    WAHYUNI, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Adanya ketidakpuasan pasien rawat inap di puskesmas Rambipuji dan terjadi penurunan angka B ed Occupancy Rate (BOR) atau pemanfaatan tem pat tidur di unit rawat inap selama tahun 2003-2005, melatarbelakangi penelitian ini.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan tentang suatu keadaan secara objektif. Responden dalam penelitian ini adalah pasien yang datang untuk memperoleh pelayanan rawat Inap dengan jum lah 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sam pling dengan kriteria yang telah ditentukan. A lat yang digunakan adalah kuesioner dan data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagain besar pengguna pelayanan rawat Inap puskesmas Rambipuji berusia dewasa (32,29%), jenis kelamin laki-laki (51,04% ), berstatus kawin (68,75%), tingkat pendidikan Sekolah D asar (SD) (42,71% ), dan tidak bekerja (56,25%). Sebagian besar pasien mengharapkan mutu pelayanan kesehatan yang baik terhadap pelayanan dokter, perawat dan fasilitas puskesmas. Sebagian besar pasien memiliki persepsi bahwa mutu pelayanan kesehatan puskesmas terhadap pelayanan dokter, perawat dan fasilitas puskesmas sudah baik. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter pada tingkat baik yaitu sebesar (52,08%), ketidakpuasan terhadap paramedis sebesar (51,04%) dan tidak puas terhadap fasilitas puskesmas sebesar (76,04%). Berdasarkan hasil tersebut maka perlu dilakukan evaluasi harapan pasien secara berkala, dokter dan perawat meningkatkan komunikasi dengan pasien yaitu dengan memberikan informasi yang jelas kepada pasien dan melengkapi fasilitas puskesmas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128651
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2368]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository