Show simple item record

dc.contributor.authorWAHYUNI, Nur
dc.date.accessioned2025-11-19T14:04:48Z
dc.date.available2025-11-19T14:04:48Z
dc.date.issued2006-09-26
dc.identifier.nim022110101091en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128651
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 19 Nopember 2025en_US
dc.description.abstractAdanya ketidakpuasan pasien rawat inap di puskesmas Rambipuji dan terjadi penurunan angka B ed Occupancy Rate (BOR) atau pemanfaatan tem pat tidur di unit rawat inap selama tahun 2003-2005, melatarbelakangi penelitian ini.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan tentang suatu keadaan secara objektif. Responden dalam penelitian ini adalah pasien yang datang untuk memperoleh pelayanan rawat Inap dengan jum lah 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sam pling dengan kriteria yang telah ditentukan. A lat yang digunakan adalah kuesioner dan data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagain besar pengguna pelayanan rawat Inap puskesmas Rambipuji berusia dewasa (32,29%), jenis kelamin laki-laki (51,04% ), berstatus kawin (68,75%), tingkat pendidikan Sekolah D asar (SD) (42,71% ), dan tidak bekerja (56,25%). Sebagian besar pasien mengharapkan mutu pelayanan kesehatan yang baik terhadap pelayanan dokter, perawat dan fasilitas puskesmas. Sebagian besar pasien memiliki persepsi bahwa mutu pelayanan kesehatan puskesmas terhadap pelayanan dokter, perawat dan fasilitas puskesmas sudah baik. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter pada tingkat baik yaitu sebesar (52,08%), ketidakpuasan terhadap paramedis sebesar (51,04%) dan tidak puas terhadap fasilitas puskesmas sebesar (76,04%). Berdasarkan hasil tersebut maka perlu dilakukan evaluasi harapan pasien secara berkala, dokter dan perawat meningkatkan komunikasi dengan pasien yaitu dengan memberikan informasi yang jelas kepada pasien dan melengkapi fasilitas puskesmas.en_US
dc.description.sponsorshipHj. Sri Utami S.KM, MM., selaku Dosen Pembimbing I Abu Khoiri S.KM., selaku Dosen Pembimbing IIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Kesehatan Masyarakaten_US
dc.subjectKEPUASANen_US
dc.subjectPASIENen_US
dc.subjectRAWAT INAPen_US
dc.subjectPUSKESMASen_US
dc.titleTingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Rambipuji Kabupaten Jember Tahun 2006en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiKesehatan Masyarakaten_US
dc.identifier.pembimbing1Hj. Sri Utami S.KM, MM.en_US
dc.identifier.pembimbing2Abu Khoiri S.KMen_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record