| dc.contributor.author | WAHYUNI, Nur | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-19T14:04:48Z | |
| dc.date.available | 2025-11-19T14:04:48Z | |
| dc.date.issued | 2006-09-26 | |
| dc.identifier.nim | 022110101091 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128651 | |
| dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 19 Nopember 2025 | en_US |
| dc.description.abstract | Adanya ketidakpuasan pasien rawat inap di puskesmas Rambipuji dan terjadi
penurunan angka B ed Occupancy Rate (BOR) atau pemanfaatan tem pat tidur di
unit rawat inap selama tahun 2003-2005, melatarbelakangi penelitian ini.Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui Tingkat kepuasan pasien rawat inap di
Puskesmas Rambipuji Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan tentang
suatu keadaan secara objektif. Responden dalam penelitian ini adalah pasien yang
datang untuk memperoleh pelayanan rawat Inap dengan jum lah 96 responden.
Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sam pling dengan kriteria
yang telah ditentukan. A lat yang digunakan adalah kuesioner dan data yang
diperoleh disajikan dalam bentuk tabulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagain besar pengguna pelayanan rawat
Inap puskesmas Rambipuji berusia dewasa (32,29%), jenis kelamin laki-laki
(51,04% ), berstatus kawin (68,75%), tingkat pendidikan Sekolah D asar (SD)
(42,71% ), dan tidak bekerja (56,25%). Sebagian besar pasien mengharapkan mutu
pelayanan kesehatan yang baik terhadap pelayanan dokter, perawat dan fasilitas
puskesmas. Sebagian besar pasien memiliki persepsi bahwa mutu pelayanan
kesehatan puskesmas terhadap pelayanan dokter, perawat dan fasilitas puskesmas
sudah baik. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter pada tingkat baik
yaitu sebesar (52,08%), ketidakpuasan terhadap paramedis sebesar (51,04%) dan
tidak puas terhadap fasilitas puskesmas sebesar (76,04%).
Berdasarkan hasil tersebut maka perlu dilakukan evaluasi harapan pasien secara
berkala, dokter dan perawat meningkatkan komunikasi dengan pasien yaitu
dengan memberikan informasi yang jelas kepada pasien dan melengkapi fasilitas
puskesmas. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Hj. Sri Utami S.KM, MM., selaku Dosen Pembimbing I
Abu Khoiri S.KM., selaku Dosen Pembimbing II | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Kesehatan Masyarakat | en_US |
| dc.subject | KEPUASAN | en_US |
| dc.subject | PASIEN | en_US |
| dc.subject | RAWAT INAP | en_US |
| dc.subject | PUSKESMAS | en_US |
| dc.title | Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Rambipuji Kabupaten Jember Tahun 2006 | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Kesehatan Masyarakat | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Hj. Sri Utami S.KM, MM. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Abu Khoiri S.KM | en_US |
| dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |
| dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |