• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Efisiensi Pemasaran Komoditi Cabai Rawit di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang Tahun 2002

    Thumbnail
    View/Open
    Moh. Yusup_980810101061 Repo.pdf (4.245Mb)
    Date
    2004-05
    Author
    YUSUF, Moh.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tingginya harga cabai rawit pada tahun 2002 telah mendatangkan kuntungan yang besar bagi petani cabai rawit di Desa Jarakkulon, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang tahun 2002, namun keuntungan ini seharusnya masih bisa ditingkatkan mengingat harga cabai rawit di tingkat konsumen hampir dua kali harga ditingkat produsen. Hal diatas mendomg penulis untuk melakukam penelitian yang mengambil j uduk “Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Komoditi Cabai Rawit di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang Tahun 2002” guna untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran cabai rawit dan berapa penyebaran keuntungan yang diperoleh pelaku pasar pada masing-masing saluran pemasaran cabai rawit di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang tahun 2002. Saluran pemasaran cabai rawit di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang terdiri atas tiga saluran pemasaran dengan tujuan pemasaran dan Market Share yang berbeda satu dengan yang lain. Saluran pemasaran I dengan tujuan Semarang dan Solo menguasai pangsa pasar 37,6%, saluran pemasaran II dengan tujuan lokal Jombang menguasai pangsa pasar 21 %, dan saluran pemasaran III dengan tujuan Semarang dan Solo menguasai pangsa pasar 4 1,4%. Sampel yang digunakan sebesar 25% dari jumlah populasi; yaitu sebanyak 60 sampel dari 239 populasi yang ada. Pengambilan sample menggunakan metode Systematik Sampling (Sampel Sistematik), dimana pengambilan sampel ditingkat pertama (petani) dilakukan secara acak, sementara pada tingkat di atas petani hingga pedagang besar menggunakan pola metode Snow Balling. Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran digunakan rumus Efisiensi Pemasaran (Soekartawi, 1993:21), dan untuk mengetahui tingkat penyebaran keuntungan pada masing-masing saluran pemasaran digunakan rumus Koefisien Variasi (Irian, 1987:122). Hasil dari penelitian ini menunjukkan saluaran pemasaran II merupakan saluran yang memiliki tingkat efisiensi paling tinggi, lebih efisien dari saluran pemasaran I dan saluran pemasaran III. Sementara saluran pemasaran III memiliki tingkat efisiensi yang paling rendah dari semua saluran pemasaran yang ada di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Untuk tingkat keuntungan saluran pemasaran II mampu memberikan keuntungan yang paling besar hal ini karena melibatkan sedikit pelaku pasar sehingga biaya pemasaran rendah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128636
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12589]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository