Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorYUSUF, Moh.
dc.date.accessioned2025-11-17T20:07:56Z
dc.date.available2025-11-17T20:07:56Z
dc.date.issued2004-05
dc.identifier.nim960810101061en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128636
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 18 Nopember 2025en_US
dc.description.abstractTingginya harga cabai rawit pada tahun 2002 telah mendatangkan kuntungan yang besar bagi petani cabai rawit di Desa Jarakkulon, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang tahun 2002, namun keuntungan ini seharusnya masih bisa ditingkatkan mengingat harga cabai rawit di tingkat konsumen hampir dua kali harga ditingkat produsen. Hal diatas mendomg penulis untuk melakukam penelitian yang mengambil j uduk “Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Komoditi Cabai Rawit di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang Tahun 2002” guna untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran cabai rawit dan berapa penyebaran keuntungan yang diperoleh pelaku pasar pada masing-masing saluran pemasaran cabai rawit di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang tahun 2002. Saluran pemasaran cabai rawit di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang terdiri atas tiga saluran pemasaran dengan tujuan pemasaran dan Market Share yang berbeda satu dengan yang lain. Saluran pemasaran I dengan tujuan Semarang dan Solo menguasai pangsa pasar 37,6%, saluran pemasaran II dengan tujuan lokal Jombang menguasai pangsa pasar 21 %, dan saluran pemasaran III dengan tujuan Semarang dan Solo menguasai pangsa pasar 4 1,4%. Sampel yang digunakan sebesar 25% dari jumlah populasi; yaitu sebanyak 60 sampel dari 239 populasi yang ada. Pengambilan sample menggunakan metode Systematik Sampling (Sampel Sistematik), dimana pengambilan sampel ditingkat pertama (petani) dilakukan secara acak, sementara pada tingkat di atas petani hingga pedagang besar menggunakan pola metode Snow Balling. Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran digunakan rumus Efisiensi Pemasaran (Soekartawi, 1993:21), dan untuk mengetahui tingkat penyebaran keuntungan pada masing-masing saluran pemasaran digunakan rumus Koefisien Variasi (Irian, 1987:122). Hasil dari penelitian ini menunjukkan saluaran pemasaran II merupakan saluran yang memiliki tingkat efisiensi paling tinggi, lebih efisien dari saluran pemasaran I dan saluran pemasaran III. Sementara saluran pemasaran III memiliki tingkat efisiensi yang paling rendah dari semua saluran pemasaran yang ada di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Untuk tingkat keuntungan saluran pemasaran II mampu memberikan keuntungan yang paling besar hal ini karena melibatkan sedikit pelaku pasar sehingga biaya pemasaran rendah.en_US
dc.description.sponsorshipDrs Bambang Yudono MM Dosen Pembimbing I Dra Hj Riniati,MP Dosen Pembimbing IIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectCABAI RAWITen_US
dc.subjectPEMASARAN KOMODITIen_US
dc.titleAnalisis Efisiensi Pemasaran Komoditi Cabai Rawit di Desa Jarakkulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang Tahun 2002en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiEkonomi Pembangunanen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs.Bambang Yudono,MMen_US
dc.identifier.pembimbing2Dra Hj Riniati,MPen_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record