• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Keputusan Nasabah dalam Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) (Studi Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Ledokombo Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Setyaningrum_190210301007 (3.513Mb)
    Date
    2024-11-21
    Author
    SETYANINGRUM, Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perbankan memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian yang salah satu fungsi utamanya adalah mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pemberian kredit. Produk kredit yang ditawarkan perbankan sangat beragam, termasuk kredit konsumsi, kredit investasi, dan kredit modal kerja. Salah satu produk yang sedang digalakkan oleh pemerintah adalah kredit usaha rakyat (KUR) dengan BRI sbeagai penyalur utama sejak 2007. Mayoritas masyarakat di Kecamatan Ledokombo berprofesi sebagai petani. Beragamnya kebutuhan saat ini membuat para petani memanfaatkan KUR untuk mendapatkan pembiayaan modal tambahan dalam meningkatkan hasil produksinya. Salah satu lembaga perbankan yang menyalurkan KUR kepada masyarakat di Kecamatan Ledokombo yaitu PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Ledokombo Kabupaten Jember. Semakin banyaknya nasabah yang memutuskan memilih KUR pada PT. BRI Unit Ledokombo menggambarkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari nasabah yang dapat memenuhi kebutuhan kreditnya. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh signifikan kualitas pelayanan jasa dan tingkat suku bunga terhadap keputusan nasabah memilih KUR pada PT. BRI Unit Ledokombo secara parsial, (2) untuk mengetahui pengaruh signifikan kualitas pelayanan jasa dan tingkat suku bunga terhadap keputusan nasabah memilih KUR pada PT. BRI Unit Ledokombo secara simultan. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh debitur yang mengambil KUR di PT. BRI Unit Ledokombo Kabupaten Jember tahun 2023 sebanyak 745 debitur. Jumlah sampel yang ditentukan dalam penelitian ditentukan dengan menggunkan Rumus Slovin sebanyak 88 orang dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 20 for windows.Hasil uji F menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan jasa dan tingkat suku bunga terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit usaha rakyat (KUR) pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Ledokombo Kabupaten Jember sebesar 67% sedangkan sisanya 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti promosi, lokasi, word of mouth, prosedur kredit dan lainnya
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128618
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository