Perancangan UI/UX Aplikasi Pengelolaan Sampah Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Bank Sampah Anyelir Jakarta Timur)
Abstract
Bank Sampah Anyelir merupakan salah satu bank sampah binaan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta
yang berada di Kabupaten Jakarta Timur. Kegiatan yang berlangsung masih dilakukan secara manual
sehingga mengalami berbagai permasalahan. Oleh sebab itu dibutuhkan peranan teknologi untuk
mengatasi permasalahan terkait pengelolaan sampah melalui media keilmuan desain pada bidang User
Interface (UI) dan User Experience (UX) dengan melakukan perancangan desain aplikasi pengelolaan
sampah menggunakan metode design thinking. Metode design thinking dipilih karena
menggabungkan prioritas berdasarkan kebutuhan pengguna dengan kemampuan teknologi dan
kebutuhan bisnis yang sesuai. Desain aplikasi dirancang pada platform mobile untuk nasabah
sedangkan pengurus pada platform website. Pada penelitian ini menghasilkan solusi rancangan desain
aplikasi dan telah dilakukan pengujian usability. Pengujian usability menurut standar ISO 9241-11
terdiri dari aspek effectiveness (efektivitas), efficiency (efisiensi), dan satisfaction (kepuasan). Dalam
melakukan pengujian usability untuk mengukur aspek effectiveness dan efficiency menggunakan task
scenario, sedangkan untuk mengukur aspek satisfaction menggunakan System Usability Scale (SUS).