• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) untuk Meningkatkan Creative Problem Solving Skills Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Naherotur Rizkiyah_210210104055 (9.479Mb)
    Date
    2025-04-22
    Author
    RIZKIYAH, Naherotur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Creative Problem Solving Skills (CPS) adalah keterampilan penting yang menggabungkan kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah secara efektif. CPS dapat membuat seseorang memandang masalah dari berbagai sudut pandang serta menghasilkan solusi inovatif yang menjadikannya sangat berharga dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Dalam pembelajaran IPA, CPS membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dengan mendorong mereka untuk menemukan fakta, mengidentifikasi masalah, mencari ide, dan merumuskan solusi yang inovatif. Namun pada kenyataannya, kemampuan siswa dalam berpikir kreatif untuk memecahkan masalah, terutama pada indikator menemukan ide masih tergolong rendah dengan persentase hanya 42,53%. Bahan ajar yang dapat menjadi alternatif untuk permasalahan tersebut yaitu mengunakan LKPD berbasis Education for Sustainable Development (ESD) yang merupakan Lembar Kerja Peserta Didik yang dirancang untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan ke dalam proses pembelajaran. Pada umumnya LKPD hanya berfokus pada pencapaian kompetensi akademis dan pemahaman materi pelajaran tanpa mengaitkan dengan isu-isu keberlanjutan. Sedangkan LKPD berbasis Education for Sustainable Development (ESD) bertujuan membangun kesadaran akan isu keberlanjutan dan mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, serta terlibat dalam tindakan nyata yang mendukung keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi. ESD memiliki tujuan untuk memperkuat kemampuan seseorang dalam merefleksikan perilaku mereka dengan cara memperhatikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan baik dalam konteks sekarang maupun di masa depan dengan perspektif lokal dan global. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu; Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang praktis, valid, dan efektif. Tahap analisis mencakup studi literatur untuk memahami teori dan konsep terkait serta mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran. Tahap desain dilakukan dengan merancang LKPD yang sesuai dengan capaian pembelajaran serta memuat indikator Creative Problem Solving (CPS). Tahap pengembangan melibatkan validasi perangkat pembelajaran, termasuk modul ajar, ATP, soal pretest-posttest, dan LKPD. Tahap implementasi merupakan uji coba LKPD yang telah dinyatakan valid dalam kegiatan pembelajaran. Terakhir, tahap evaluasi digunakan untuk mengukur efektivitas LKPD berdasarkan analisis peningkatan skor pretest-posttest serta angket respon siswa terhadap penggunaan LKPD. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer meliputi analisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD. Analisis validitas dilakukan menggunakan angket validasi yang diisi oleh ahli materi dan ahli media untuk menilai kesesuaian LKPD berdasarkan skala Likert. Analisis kepraktisan dilakukan melalui lembar observasi keterlaksanaan yang mencatat sejauh mana LKPD dapat diterapkan dalam pembelajaran sesuai dengan rencana. Analisis keefektifan dilakukan menggunakan tes pretest dan posttest yang dianalisis dengan uji gain ternormalisasi (N-gain) untuk mengukur peningkatan kemampuan Creative Problem Solving (CPS) siswa. Kategori N-gain terdiri dari tinggi (≥ 0,7), sedang (0,3 – 0,7), dan rendah (< 0,3). Sementara itu, data sekunder diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi kelebihan serta aspek yang perlu diperbaiki dalam pengembangan LKPD. Data validitas LKPD berbasis ESD memperoleh skor rata-rata 87% dari ketiga validator dengan kategori sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar IPA di SMP. Kepraktisan penggunaan LKPD memperoleh skor rata-rata 89% dengan kategori sangat praktis. Efektivitas LKPD layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA karena kemampuan CPS siswa meningkat dengan N-gain 0,75 (kategori tinggi) setelah menggunakan bahan ajar LKPD berbasis ESD dalam pembelajaran. Selain itu, respon siswa yang didapat memperoleh skor rata-rata 83% dengan kategori sangat baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128584
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository