• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Ditinjau dari Self Efficacy dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Carlos Manuel 210210101037.pdf (3.313Mb)
    Date
    2025-03-13
    Author
    MANUEL, Carlos
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan yang penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan soal-soal induksi matematika. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam berpikir kritis ketika dihadapkan pada permasalahan matematika. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa adalah self efficacy, yaitu keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan suatu tugas. Self efficacy dapat dikategorikan ke dalam tiga tingkat, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA berdasarkan tingkat self efficacy mereka dalam menyelesaikan soal-soal induksi matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas XI SMAK Santo Paulus Jember yang dipilih berdasarkan hasil angket self efficacy, hasil tes berpikir kritis, dan kemampuan berkomunikasi yang baik atas saran guru kelas. Subjek terdiri atas dua siswa dengan self efficacy tinggi, dua siswa dengan self efficacy sedang, dan dua siswa dengan self efficacy rendah. Teknik pengumpulan data meliputi angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi mampu menyelesaikan soal induksi matematika secara efektif dan memenuhi semua aspek berpikir kritis, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Siswa dengan e self efficacy sedang mampu memenuhi beberapa aspek berpikir kritis, khususnya interpretasi dan analisis, namun mengalami kesulitan pada aspek evaluasi dan inferensi. Sementara itu, siswa dengan self efficacy rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dan tidak mampu memenuhi aspek-aspek berpikir kritis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128580
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository