Show simple item record

dc.contributor.authorMANUEL, Carlos
dc.date.accessioned2025-11-11T06:35:26Z
dc.date.available2025-11-11T06:35:26Z
dc.date.issued2025-03-13
dc.identifier.nim210210101037en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128580
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 November 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan yang penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan soal-soal induksi matematika. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam berpikir kritis ketika dihadapkan pada permasalahan matematika. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa adalah self efficacy, yaitu keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan suatu tugas. Self efficacy dapat dikategorikan ke dalam tiga tingkat, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA berdasarkan tingkat self efficacy mereka dalam menyelesaikan soal-soal induksi matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas XI SMAK Santo Paulus Jember yang dipilih berdasarkan hasil angket self efficacy, hasil tes berpikir kritis, dan kemampuan berkomunikasi yang baik atas saran guru kelas. Subjek terdiri atas dua siswa dengan self efficacy tinggi, dua siswa dengan self efficacy sedang, dan dua siswa dengan self efficacy rendah. Teknik pengumpulan data meliputi angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi mampu menyelesaikan soal induksi matematika secara efektif dan memenuhi semua aspek berpikir kritis, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Siswa dengan e self efficacy sedang mampu memenuhi beberapa aspek berpikir kritis, khususnya interpretasi dan analisis, namun mengalami kesulitan pada aspek evaluasi dan inferensi. Sementara itu, siswa dengan self efficacy rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dan tidak mampu memenuhi aspek-aspek berpikir kritis.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd. DPA: Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectSelf Efficacyen_US
dc.subjectInduksi matematikaen_US
dc.titleKemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Ditinjau dari Self Efficacy dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematikaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record