• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Mindfulness Terhadap Kemampuan Regulasi Emosi pda Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 02 Purwosono Kabupaten Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    Qori Azmil Maghfiroh_210210205026 (863.9Kb)
    Date
    2025-05-19
    Author
    AZMIL MAGHFIROH, Qori
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Regulasi emosi merupakan kemampuan penting yang perlu dikembangkan sejak usia dini karena berperan dalam menumbuhkan kontrol diri, empati, dan kemampuan sosial anak. Berdasarkan hasil observasi awal di RA Muslimat NU 02 Purwosono, ditemukan bahwa 13 dari 21 anak di kelompok A mengalami kesulitan dalam mengenali, mengekspresikan, dan mengendalikan emosinya. Hal ini berdampak pada interaksi sosial dan pencapaian perkembangan lainnya. Salah satu pendekatan yang diyakini mampu meningkatkan kemampuan regulasi emosi adalah mindfulness. Mindfulness membantu anak lebih sadar akan emosi yang dirasakan dan mampu mengelolanya dengan cara yang sehat dan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan mindfulness terhadap kemampuan regulasi emosi pada anak usia 4–5 tahun di RA Muslimat NU 02 Purwosono Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen (pra-experimental design) jenis One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan teknik tallying dan menggunakan instrumen lembar observasi emotion regulation checklist. Uji normalitas dilakukan menggunakan Shapiro-Wilk dengan hasil nilai signifikansi data pretest adalah 0,613 dan data posttest adalah 0,195. Kedua nilai tersebut lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal. Selanjutnya, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji paired sample t-test berpasangan berbantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan mindfulness terhadap kemampuan regulasi emosi anak. Selain itu, terdapat peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest sebesar 61,19 dan posttest sebesar 64,38. Artinya, kegiatan mindfulness yang diberikan selama 20 kali pertemuan terbukti mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara lebih positif. Penerapan mindfulness terbukti membantu anak usia 4-5 tahun dalam meregulasi emosinya, anak dapat sadar terhadap apa yang dirasakan dalam tubuhnya sehingga dapat mengenali apa yang dirasakan lalu kemudian dapat merespon apa yang anak alami dengan cara yang tepat. Penerapan mindfulness dapat dimodifikasi dengan kegiatan bermain namun tetap mengedepankan prinsip mindfulness yaitu fokus. Saran dari penelitian ini adalah agar guru dapat menggunakan metode mindfulness sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi pada anak dengan memadukannya dalam kegiatan bermain yang menyenangkan namun tetap fokus. Pihak sekolah juga diharapkan turut mendukung implementasi mindfulness melalui penyusunan program berbasis mindfulness yang terintegrasi dengan kurikulum pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan agar intervensi mindfulness dilakukan dalam jangka waktu yang lebih panjang dan aktivitas yang lebih bervariasi seperti mindful listening, mindful colouring, dan body scan, serta didukung dengan melaksanakan pelatihan mindfulness pada guru agar memperoleh hasil yang lebih optimal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128399
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository