Show simple item record

dc.contributor.authorAZMIL MAGHFIROH, Qori
dc.date.accessioned2025-10-20T05:34:15Z
dc.date.available2025-10-20T05:34:15Z
dc.date.issued2025-05-19
dc.identifier.nim210210205026en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128399
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 20 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractRegulasi emosi merupakan kemampuan penting yang perlu dikembangkan sejak usia dini karena berperan dalam menumbuhkan kontrol diri, empati, dan kemampuan sosial anak. Berdasarkan hasil observasi awal di RA Muslimat NU 02 Purwosono, ditemukan bahwa 13 dari 21 anak di kelompok A mengalami kesulitan dalam mengenali, mengekspresikan, dan mengendalikan emosinya. Hal ini berdampak pada interaksi sosial dan pencapaian perkembangan lainnya. Salah satu pendekatan yang diyakini mampu meningkatkan kemampuan regulasi emosi adalah mindfulness. Mindfulness membantu anak lebih sadar akan emosi yang dirasakan dan mampu mengelolanya dengan cara yang sehat dan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan mindfulness terhadap kemampuan regulasi emosi pada anak usia 4–5 tahun di RA Muslimat NU 02 Purwosono Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen (pra-experimental design) jenis One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan teknik tallying dan menggunakan instrumen lembar observasi emotion regulation checklist. Uji normalitas dilakukan menggunakan Shapiro-Wilk dengan hasil nilai signifikansi data pretest adalah 0,613 dan data posttest adalah 0,195. Kedua nilai tersebut lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal. Selanjutnya, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji paired sample t-test berpasangan berbantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan mindfulness terhadap kemampuan regulasi emosi anak. Selain itu, terdapat peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest sebesar 61,19 dan posttest sebesar 64,38. Artinya, kegiatan mindfulness yang diberikan selama 20 kali pertemuan terbukti mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara lebih positif. Penerapan mindfulness terbukti membantu anak usia 4-5 tahun dalam meregulasi emosinya, anak dapat sadar terhadap apa yang dirasakan dalam tubuhnya sehingga dapat mengenali apa yang dirasakan lalu kemudian dapat merespon apa yang anak alami dengan cara yang tepat. Penerapan mindfulness dapat dimodifikasi dengan kegiatan bermain namun tetap mengedepankan prinsip mindfulness yaitu fokus. Saran dari penelitian ini adalah agar guru dapat menggunakan metode mindfulness sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi pada anak dengan memadukannya dalam kegiatan bermain yang menyenangkan namun tetap fokus. Pihak sekolah juga diharapkan turut mendukung implementasi mindfulness melalui penyusunan program berbasis mindfulness yang terintegrasi dengan kurikulum pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan agar intervensi mindfulness dilakukan dalam jangka waktu yang lebih panjang dan aktivitas yang lebih bervariasi seperti mindful listening, mindful colouring, dan body scan, serta didukung dengan melaksanakan pelatihan mindfulness pada guru agar memperoleh hasil yang lebih optimal.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd. DPA: Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.subjectRegulasi Emosien_US
dc.subjectMindfulnessen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Mindfulness Terhadap Kemampuan Regulasi Emosi pda Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 02 Purwosono Kabupaten Lumajangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record