• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Pada Materi Penjumlahan Pecahan Kelas V di SDN Kebonsari 04

    Thumbnail
    View/Open
    Diva Puspitasari_210210204131_Repository Unej.pdf (6.409Mb)
    Date
    2025-06-11
    Author
    PUSPITASARI, Diva
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    embelajaran matematika yang bersifat abstrak seringkali sulit dipahami peserta didik. Penggunaan teknologi seperti GeoGebra dapat membantu menyederhanakan konsep matematika, khususnya materi penjumlahan pecahan. GeoGebra merupakan media interaktif yang menyediakan visualisasi geometri yang menarik dan mudah diakses melalui gawai atau komputer. Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan produk tervalidasi berupa media pembelajaran matematika berbasis GeoGebra pada materi penjumlahan pecahan kelas V; (2) mengetahui kevalidan, kepraktisan serta keefektifan dari media yang telah dibuat. Subjek penelitian yaitu kelas V SDN Kebonsari 04. Jenis penelitian menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model Four-D oleh Thiagarajan. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket respon peserta didik dan hasil pengerjaan soal pre-test dan post-test untuk mengukur hasil kevalidan, kepraktisan serta keefektifan media yang dikembangkan. Hasil dari pengembangan media pembelajaran adalah sebagai berikut: 1. Valid dengan rata-rata nilai validasi media 4,12; tes 4,38; angket respon 4,00. 2. Praktis dengan nilai rata-rata persentase dari ketiga kelas yaitu sebesar 89%, 94%, 87%. 3. Efektif dengan nilai rata-rata keefektifan berdasarkan presentase N-Gain kedua kelas yaitu sebesar 71% dan 56%. Berdasarkan analisis diatas, media pembelajaran yang telah dikembangkan, telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan serta keefektifan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128393
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository