• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Wacana Iklan Vaksinasi COVID 19 dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Pembelajaran Membaca Kritis di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    ADITA ALFIYATUL NUR LAILI_160210402041 (1.750Mb)
    Date
    2023-06-24
    Author
    LAILI, Adita Alfiyatul Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesehatan memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Pada akhir tahun 2019 dunia dihebohkan dengan munculnya virus baru yakni virus Covid 19 yang menyebar ke seluruh dunia sehingga ditetapkan menjadi pandemi. Adanya pandemi ini memiliki pengaruh yang besar terhadap hampir semua sektor kehidupan, mulai dari sektor kesehatan, perekonomian, sampai sektor pendidikan. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah mulai adanya kebijakan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB), memberikan bantuan-bantuan terhadap warga terdampak, pemberian vaksinasi Covid 19, hingga pemberikan iklan-iklan dan sosialisasi melalui media sosial. Kemenkes RI menggunakan media sosial sebagai alat untuk menyampaikan pesan dan informasi tersebut, salah satunya menggunakan Iklan Layanan Masyarakat. Dibutuhkan strategi kreatif dalam penyusunan pesan serta penempatan media iklan dalam hal pemasaran sosial sehingga mampu mempermudah konsumen atau masyarakat dalam menerima informasi yang diberikan. Iklan layanan masyarakat yang menjadi fokus penelitian ini yakni iklan vaksinasi COVID 19. Iklan vaksinasi COVID 19 dibuat untuk mempromosikan informasi terkait vaksin COVID 19. Strategi kreatif iklan vaksinasi COVID 19 dapat dikaji dan dipahami melalui analisis wacana kritis. Analisis wacana kritis bertujuan untuk mengembangkan asumsi-asumsi yang bersifat ideologis yang terkandung di balik kata-kata dalam teks atau ucapan dalam bentuk kekuasaan. Eriyanto mengungkapkan bahwa kerangka AWK Teun A. van Dijk terdiri atas tiga dimensi, yaitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial.Faktor internal tersebut yakni, ideologi, pengetahuan, prasangka, opini, dan kepercayaan. Pada dimensi konteks sosial, aspek yang diteliti yakni hubungan antara teks dengan segala peristiwa yang berkembang di masyarakat. Analisis wacana kritis dalam penelitian ini berupaya untuk mengetahui strategi retoris, konteks sosial, dan ideologi tersembunyi yang terdapat dalam iklan vaksinasi COVID 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk. Model ini digunakan untuk menganalisis teks, kognisi sosial,dan konteks sosial dalam wacana iklan vaksinasi covid-19 serta pemanfaatannya sebagai alternatif pembelajaran membaca kritis. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian pada bab empat, hasil temuan pada penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Strategi retoris pada iklan vaksinasi COVID 19 meliputi penggunaan elemen grafis dan metafora pada penulisannya. (2) Pemerintah memproduksi iklan vaksinasi COVID 19 dengan merekonstruksi realitas sesuai dengan pandangan wacana dominan yang merupakan representasi dari praktik hegemoni pemerintah melalui media sosial. (3) Konteks sosial yang mendasari terbentuknya iklan vaksinasi COVID 19 yakni konteks sosial Kesehatan, konteks sosial hukum, konteks sosial ekonomi, dan konteks sosial religi. Hasil dari analisis wacana iklan vaksinasi covid 19 ini dapat dikembangkan dalam materi Pembelajaran membaca kritis diajarkan Pada kurikulum merdeka jenjang SMP fase D kelas VIII. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Learning Cycle. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang dapat diberikan kepada berbagai pihak adalah sebagai berikut. (1) Kepada mahasiswa, penelitian ini disarankan untuk dijadikan sebagai materi atau bahan diskusi analisis wacana kritis pada mata kuliah Analisis Wacana Kritis; (2) penelitian ini hanya sampai pada tahap penerapan teori saja. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan hasil dari penelitian ini sebagai materi ajar membaca kritis teks iklan di SMP; (3) kepada masyarakat umum, disarankan untuk selalu menerapkan konsep berpikir kritis terhadap setiap wacana yang ditemui, agar masyarakat dapat mengetahui dan menangkap maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128375
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15731]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository