| dc.contributor.author | LAILI, Adita Alfiyatul Nur | |
| dc.date.accessioned | 2025-10-15T07:32:35Z | |
| dc.date.available | 2025-10-15T07:32:35Z | |
| dc.date.issued | 2023-06-24 | |
| dc.identifier.nim | 160210402041 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128375 | |
| dc.description | Validasi_firli_1_Oktober_25 ::Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Oktober 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Kesehatan memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Pada
akhir tahun 2019 dunia dihebohkan dengan munculnya virus baru yakni virus Covid
19 yang menyebar ke seluruh dunia sehingga ditetapkan menjadi pandemi. Adanya
pandemi ini memiliki pengaruh yang besar terhadap hampir semua sektor
kehidupan, mulai dari sektor kesehatan, perekonomian, sampai sektor pendidikan.
Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah mulai adanya kebijakan pembatasan
sosial bersekala besar (PSBB), memberikan bantuan-bantuan terhadap warga
terdampak, pemberian vaksinasi Covid 19, hingga pemberikan iklan-iklan dan
sosialisasi melalui media sosial.
Kemenkes RI menggunakan media sosial sebagai alat untuk menyampaikan
pesan dan informasi tersebut, salah satunya menggunakan Iklan Layanan
Masyarakat. Dibutuhkan strategi kreatif dalam penyusunan pesan serta penempatan
media iklan dalam hal pemasaran sosial sehingga mampu mempermudah konsumen
atau masyarakat dalam menerima informasi yang diberikan. Iklan layanan
masyarakat yang menjadi fokus penelitian ini yakni iklan vaksinasi COVID 19.
Iklan vaksinasi COVID 19 dibuat untuk mempromosikan informasi terkait vaksin
COVID 19. Strategi kreatif iklan vaksinasi COVID 19 dapat dikaji dan dipahami
melalui analisis wacana kritis. Analisis wacana kritis bertujuan untuk
mengembangkan asumsi-asumsi yang bersifat ideologis yang terkandung di balik
kata-kata dalam teks atau ucapan dalam bentuk kekuasaan.
Eriyanto mengungkapkan bahwa kerangka AWK Teun A. van Dijk terdiri
atas tiga dimensi, yaitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial.Faktor internal
tersebut yakni, ideologi, pengetahuan, prasangka, opini, dan kepercayaan. Pada
dimensi konteks sosial, aspek yang diteliti yakni hubungan antara teks dengan
segala peristiwa yang berkembang di masyarakat. Analisis wacana kritis dalam
penelitian ini berupaya untuk mengetahui strategi retoris, konteks sosial, dan
ideologi tersembunyi yang terdapat dalam iklan vaksinasi COVID 19.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Rancangan penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk.
Model ini digunakan untuk menganalisis teks, kognisi sosial,dan konteks sosial
dalam wacana iklan vaksinasi covid-19 serta pemanfaatannya sebagai alternatif
pembelajaran membaca kritis.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian pada bab empat, hasil temuan
pada penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Strategi retoris pada iklan vaksinasi
COVID 19 meliputi penggunaan elemen grafis dan metafora pada penulisannya. (2)
Pemerintah memproduksi iklan vaksinasi COVID 19 dengan merekonstruksi
realitas sesuai dengan pandangan wacana dominan yang merupakan representasi
dari praktik hegemoni pemerintah melalui media sosial. (3) Konteks sosial yang
mendasari terbentuknya iklan vaksinasi COVID 19 yakni konteks sosial Kesehatan,
konteks sosial hukum, konteks sosial ekonomi, dan konteks sosial religi. Hasil dari
analisis wacana iklan vaksinasi covid 19 ini dapat dikembangkan dalam materi
Pembelajaran membaca kritis diajarkan Pada kurikulum merdeka jenjang SMP fase
D kelas VIII. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran
Learning Cycle.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang dapat diberikan
kepada berbagai pihak adalah sebagai berikut. (1) Kepada mahasiswa, penelitian
ini disarankan untuk dijadikan sebagai materi atau bahan diskusi analisis wacana
kritis pada mata kuliah Analisis Wacana Kritis; (2) penelitian ini hanya sampai pada
tahap penerapan teori saja. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya disarankan untuk
mengembangkan hasil dari penelitian ini sebagai materi ajar membaca kritis teks
iklan di SMP; (3) kepada masyarakat umum, disarankan untuk selalu menerapkan
konsep berpikir kritis terhadap setiap wacana yang ditemui, agar masyarakat dapat
mengetahui dan menangkap maksud yang ingin disampaikan oleh penulis. | en_US |
| dc.description.sponsorship | DPU: Dr. Sukatman M.Pd
DPA: Dr. Rusdhianti W., S.Pd., M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | Analisis Wacana Kritis | en_US |
| dc.subject | Metode Pembelajaran | en_US |
| dc.subject | Bahasa Indonesia | en_US |
| dc.subject | Membaca Kritis | en_US |
| dc.title | Analisis Wacana Iklan Vaksinasi COVID 19 dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Pembelajaran Membaca Kritis di SMP | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sukatman M.Pd | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Rusdhianti W., S.Pd., M.Pd. | en_US |
| dc.identifier.validator | Validasi_firli_1_Oktober_25 | en_US |