• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia pada Mahasiswa Universitas Jember

    Thumbnail
    View/Open
    DIAN ISMAIL_180810102033 (1.124Mb)
    Date
    2023-06-13
    Author
    ISMAIL, Dian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar didunia. Banyaknya penduduk muslim di indonesia dapat mempengaruhi perkembangan bank syariah setiap tahunnya. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia juga ditunjukkan dengan berdirinya Bank Syariah Indonesia yang merupakan hasil merger dari tiga bank dengan tujuan menjadikan bank syariah terbesar, menjadi barometer market di Indonesia dan mempunyai daya saing global. Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan bank syariah yang diresmikan pada 1 februari 2021 dengan total aset sebesar 240 triliun rupiah dan menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi keuangan, dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia pada mahasiswa Universitas Jember. Penelitian ini merupakan jenis explanatory research yang bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 35.036 mahasiswa Universitas Jember, dan yang terpilih menjadi sampel sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu purposive sampling dan untuk metode analisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis (uji t) variabel independen secara parsial berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Variabel religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat menabung ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,019 lebih kecil dari 0,05 (5%), literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung ditunjukkan dengan signifikansi 0,043 lebih kecil dari 0,05 (5%), kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (5%). Sedangkan hasil uji hipotesis (uji F) menunjukkan bahwa variabel religiusitas, literasi keuangan, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap minat menabung.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128360
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12575]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository