Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorISMAIL, Dian
dc.date.accessioned2025-10-15T06:54:50Z
dc.date.available2025-10-15T06:54:50Z
dc.date.issued2023-06-13
dc.identifier.nim180810102033en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128360
dc.descriptionValidasi_firli_6_Oktober_25 :: Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Oktober 2025_Kurnadi::en_US
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 17 Oktober 2025
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar didunia. Banyaknya penduduk muslim di indonesia dapat mempengaruhi perkembangan bank syariah setiap tahunnya. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia juga ditunjukkan dengan berdirinya Bank Syariah Indonesia yang merupakan hasil merger dari tiga bank dengan tujuan menjadikan bank syariah terbesar, menjadi barometer market di Indonesia dan mempunyai daya saing global. Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan bank syariah yang diresmikan pada 1 februari 2021 dengan total aset sebesar 240 triliun rupiah dan menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi keuangan, dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia pada mahasiswa Universitas Jember. Penelitian ini merupakan jenis explanatory research yang bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 35.036 mahasiswa Universitas Jember, dan yang terpilih menjadi sampel sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu purposive sampling dan untuk metode analisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis (uji t) variabel independen secara parsial berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Variabel religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat menabung ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,019 lebih kecil dari 0,05 (5%), literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung ditunjukkan dengan signifikansi 0,043 lebih kecil dari 0,05 (5%), kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (5%). Sedangkan hasil uji hipotesis (uji F) menunjukkan bahwa variabel religiusitas, literasi keuangan, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap minat menabung.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Deasy Wulandari, S.E., M.Si DPA: Akhmad Munir S., Th.I., MAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectReligiusitasen_US
dc.subjectLiterasi Keuanganen_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectMinat Menabungen_US
dc.titlePengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia pada Mahasiswa Universitas Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiEkonomi Syariahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Deasy Wulandari, S.E., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Akhmad Munir S., Th.I., MAen_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_6_Oktober_25en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record