• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Kerang (Kardus Pengurangan) pada Materi Pengurangan untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Perante

    Thumbnail
    View/Open
    Auwliya Safitri_200210204190.pdf (3.407Mb)
    Date
    2024-11-26
    Author
    SAFITRI, Auwliya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika adalah mata pelajaran yang dipelajari mulai dari jenjang SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Mata pelajaran ini berisikan hitung-hitungan dan hafalan yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil wawancara yang dilaksanakan bersama guru kelas II SD bahwa peserta didik kesulitan pada materi pengurangan bersusun dan tidak menggunakan media pembelajaran sehingga mengalami kesulitan dan merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran KERANG pada materi pengurangan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Perante bertujuan mengatasi permasalahan-permasalahan yang dialami peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Pelaksanaan penelitian ini di SDN 1 Perante semester I tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas II SD yang berjumlah 21 peserta didik sebanyak 1 kelas. Metode pengumpulan data dengan wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya dengan lembar wawancara, lembar validasi media, lembar angket respon peserta didik, lembar tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari validasi ahli, kepraktisan, dan keefektifan. Analisis data ahli menggunakan validasi ahli media, materi, dan praktisi. Analisis data kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon pengguna yaitu peserta didik kelas II SD. Analisis data keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik berupa post-test. Hasil pengembangan media pembelajaran KERANG pada materi pengurangan produk yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi produk diperoleh skor 87,5 termasuk kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor 96,78% termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan memperoleh skor 80,95% termasuk kategori efektif. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran KERANG pada materi pengurangan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KERANG sangat layak, sangat praktis, dan efektif yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga permasalahan yang dialami oleh peserta didik dapat teratasi. Saran yang dapat diberikan kepada peserta didik yaitu dapat belajar mandiri mengenai materi pengurangan dengan bantuan media pembelajaran ini. Saran yang dapat diberikan kepada pendidik yaitu untuk selalu mengembangkan ide kreativitasnya dalam membuat media pembelajaran. Saran yang dapat diberikan pada peneliti lain yaitu media pembelajaran KERANG pengembangannya diinovasikan kembali untuk peserta didik yang belum lancar dalam berhitung.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128346
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository