Show simple item record

dc.contributor.authorSAFITRI, Auwliya
dc.date.accessioned2025-10-13T05:49:57Z
dc.date.available2025-10-13T05:49:57Z
dc.date.issued2024-11-26
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128346
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 13 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractMatematika adalah mata pelajaran yang dipelajari mulai dari jenjang SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Mata pelajaran ini berisikan hitung-hitungan dan hafalan yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil wawancara yang dilaksanakan bersama guru kelas II SD bahwa peserta didik kesulitan pada materi pengurangan bersusun dan tidak menggunakan media pembelajaran sehingga mengalami kesulitan dan merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran KERANG pada materi pengurangan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Perante bertujuan mengatasi permasalahan-permasalahan yang dialami peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Pelaksanaan penelitian ini di SDN 1 Perante semester I tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas II SD yang berjumlah 21 peserta didik sebanyak 1 kelas. Metode pengumpulan data dengan wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya dengan lembar wawancara, lembar validasi media, lembar angket respon peserta didik, lembar tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari validasi ahli, kepraktisan, dan keefektifan. Analisis data ahli menggunakan validasi ahli media, materi, dan praktisi. Analisis data kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon pengguna yaitu peserta didik kelas II SD. Analisis data keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik berupa post-test. Hasil pengembangan media pembelajaran KERANG pada materi pengurangan produk yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi produk diperoleh skor 87,5 termasuk kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor 96,78% termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan memperoleh skor 80,95% termasuk kategori efektif. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran KERANG pada materi pengurangan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KERANG sangat layak, sangat praktis, dan efektif yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga permasalahan yang dialami oleh peserta didik dapat teratasi. Saran yang dapat diberikan kepada peserta didik yaitu dapat belajar mandiri mengenai materi pengurangan dengan bantuan media pembelajaran ini. Saran yang dapat diberikan kepada pendidik yaitu untuk selalu mengembangkan ide kreativitasnya dalam membuat media pembelajaran. Saran yang dapat diberikan pada peneliti lain yaitu media pembelajaran KERANG pengembangannya diinovasikan kembali untuk peserta didik yang belum lancar dalam berhitung.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Arika Indah Kristiana S.Si., M.Pd. DPA: Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKerang Kardus Penguranganen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMateri penguranganen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Kerang (Kardus Pengurangan) pada Materi Pengurangan untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Peranteen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record