| dc.description.abstract | Matematika adalah mata pelajaran yang dipelajari mulai dari jenjang SD,
SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Mata pelajaran ini berisikan hitung-hitungan
dan hafalan yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil
wawancara yang dilaksanakan bersama guru kelas II SD bahwa peserta didik
kesulitan pada materi pengurangan bersusun dan tidak menggunakan media
pembelajaran sehingga mengalami kesulitan dan merasa bosan dalam kegiatan
pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran KERANG pada
materi pengurangan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa kelas II SDN 1
Perante bertujuan mengatasi permasalahan-permasalahan yang dialami peserta
didik dalam kegiatan pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model
ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan,
Implementasi, Evaluasi. Pelaksanaan penelitian ini di SDN 1 Perante semester I
tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas II SD
yang berjumlah 21 peserta didik sebanyak 1 kelas.
Metode pengumpulan data dengan wawancara, angket, tes hasil belajar, dan
dokumentasi. Instrumen penelitiannya dengan lembar wawancara, lembar validasi
media, lembar angket respon peserta didik, lembar tes hasil belajar, dan
dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari validasi ahli,
kepraktisan, dan keefektifan. Analisis data ahli menggunakan validasi ahli media,
materi, dan praktisi. Analisis data kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon
pengguna yaitu peserta didik kelas II SD. Analisis data keefektifan diperoleh dari
tes hasil belajar peserta didik berupa post-test. Hasil pengembangan media pembelajaran KERANG pada materi
pengurangan produk yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi
produk diperoleh skor 87,5 termasuk kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan
memperoleh skor 96,78% termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan
memperoleh skor 80,95% termasuk kategori efektif.
Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran KERANG pada materi
pengurangan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KERANG sangat
layak, sangat praktis, dan efektif yang dapat digunakan dalam kegiatan
pembelajaran sehingga permasalahan yang dialami oleh peserta didik dapat teratasi.
Saran yang dapat diberikan kepada peserta didik yaitu dapat belajar mandiri
mengenai materi pengurangan dengan bantuan media pembelajaran ini. Saran yang
dapat diberikan kepada pendidik yaitu untuk selalu mengembangkan ide
kreativitasnya dalam membuat media pembelajaran. Saran yang dapat diberikan
pada peneliti lain yaitu media pembelajaran KERANG pengembangannya
diinovasikan kembali untuk peserta didik yang belum lancar dalam berhitung. | en_US |