Penerapan Media Permainan Ular Tangga pada Materi Keanekargaman Hayati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 02 pada materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan media permainan ular tangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II yaitu mencapai 27%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas V.