Pengembangan Perangkat RBL-STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kombinatorial Mahasiswa Menyelesaikan Masalah Pewarnaan Pelangi Antiajaib dan Aplikasnya pada Distribusi BBM Bersubsidi dengan Teknik Graph Neural Network
Abstract
Pendidikan RB-STEM telah menjadi fokus utama dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi. Pendekatan ini mengintegrasikan sains, teknologi, teknik dan matematika dalam konteks dunia nyata. Tujuan utama pendeketan ini adalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir kombinatorial mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang kompleks. Berdasarkan data observasi awal menunjukkan keterampilan berpikir kombinatorial mahasiswa masih dalam kategori rndah. Data tersebut mengindikasikan bahwa mahasiswa menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan masalah dan kurangnya pemahaman tentang aplikasi praktis keterampilan dalam konteks dunia nyata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran RBL-STEM untu meningkatkan keterampilan berpikir kombinatorial mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pewarnaan pelangi antiajaib.