• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Samsat Soebandi Jember

    Thumbnail
    View/Open
    FATIMAH ALYA ZAHIDAH_210910201012 (2.165Mb)
    Date
    2025-02-24
    Author
    ZAHIDAH, Fatimah Alya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Samsat Soebandi Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini bersifat infinit, yakni masyarakat yang sudah melakukan pembayaran secara langsung Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan di Samsat Soebandi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental dengan sampel 96 responden yang dihitung berdasarkan rumus cochran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dengan metode product moment dan uji reliabilitas dengan metode alpha cronbach. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik korelasi rank spearman dan uji t dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 27. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai korelasi koefisien rank spearman yaitu 0,671 yang berada di interval 0,51 - 0,75 menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel kuat dan bernilai positif atau searah. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji t, dengan memperoleh t hitung sebesar 10,659 dengan t tabel sebesar 1,661 yang berarti t hitung > t tabel. Dari hasil uji t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Samsat Soebandi Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127951
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5744]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository