Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Samsat Soebandi Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Samsat Soebandi Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini bersifat infinit, yakni masyarakat yang sudah melakukan pembayaran secara langsung Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan di Samsat Soebandi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental dengan sampel 96 responden yang dihitung berdasarkan rumus cochran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dengan metode product moment dan uji reliabilitas dengan metode alpha cronbach. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik korelasi rank spearman dan uji t dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 27. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai korelasi koefisien rank spearman yaitu 0,671 yang berada di interval 0,51 - 0,75 menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel kuat dan bernilai positif atau searah. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji t, dengan memperoleh t hitung sebesar 10,659 dengan t tabel sebesar 1,661 yang berarti t hitung > t tabel. Dari hasil uji t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Samsat Soebandi Jember.