Show simple item record

dc.contributor.authorZAHIDAH, Fatimah Alya
dc.date.accessioned2025-08-19T06:46:32Z
dc.date.available2025-08-19T06:46:32Z
dc.date.issued2025-02-24
dc.identifier.nim210910201012en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127951
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 19 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Samsat Soebandi Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini bersifat infinit, yakni masyarakat yang sudah melakukan pembayaran secara langsung Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan di Samsat Soebandi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental dengan sampel 96 responden yang dihitung berdasarkan rumus cochran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dengan metode product moment dan uji reliabilitas dengan metode alpha cronbach. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik korelasi rank spearman dan uji t dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 27. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai korelasi koefisien rank spearman yaitu 0,671 yang berada di interval 0,51 - 0,75 menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel kuat dan bernilai positif atau searah. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji t, dengan memperoleh t hitung sebesar 10,659 dengan t tabel sebesar 1,661 yang berarti t hitung > t tabel. Dari hasil uji t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Samsat Soebandi Jember.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Si. DPA: Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectKepuasan Masyarakaten_US
dc.subjectPajak Kendaraan Bermotoren_US
dc.titlePengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Samsat Soebandi Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorRevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record