• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Market Sensing Capability Terhadap Business Performance dengan Knowledge Sharing Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Coffee Cafe Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Rico Afdian Alamanda_210910202129 (1.861Mb)
    Date
    2025-02-10
    Author
    ALAMANDA, Rico Afdian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tren pasar Coffee Cafe sebagai emerging business yang berimplikasi terhadap persebaran Coffee Cafe di Indonesia yang terus meningkat. Hal tersebut menyebabkan persaingan Coffee Cafe pada masa kini semakin kompetitif dan banyak diantaranya tidak mampu berkembang serta bersaing sehingga Coffee Cafe gulung tikar. Salah satu strategi yang diperlukan Coffee Cafe untuk bertahan pada persaingan dinamis dan mencapai keberhasilan usaha adalah dengan mengimplementasikan market sensing capability dan knowledge sharing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh market sensing capability terhadap business performance dengan knowledge sharing sebagai variabel mediasi (Studi Pada Coffee Cafe Jember). Kabupaten Jember merupakan salah satu sentra kopi nusantara yang berkembang pesat, khususnya di Kecamatan Sumbersari, Kaliwates, dan Patrang, karena keberadaan banyaknya perguruan tinggi di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 40 Coffee Cafe di wilayah Kabupaten Jember yang diperoleh dari identifikasi melalui Google Maps berdasarkan rating bintang 4-5. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 40 manajer atau pengelola Coffee Cafe, kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan software smartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa market sensing capability berpengaruh signifikan terhadap knowledge sharing, knowledge sharing berpengaruh signifikan terhadap business performance, market sensing capability berpengaruh signifikan terhadap business performance, dan market sensing capability berpengaruh signifikan terhadap business performance yang dimediasi melalui knowledge sharing pada Coffee Cafe di Jember. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa penting bagi manajer atau pengelola Coffee Cafe untuk mengembangkan market sensing capability dan mendorong knowledge sharing dalam organisasi. Proses ini memungkinkan informasi pasar digunakan untuk menyusun strategi yang tepat, sehingga Coffee Cafe dapat meningkatkan business performance ditengah persaingan yang kompetitif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127939
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5744]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository