Show simple item record

dc.contributor.authorALAMANDA, Rico Afdian
dc.date.accessioned2025-08-19T02:53:40Z
dc.date.available2025-08-19T02:53:40Z
dc.date.issued2025-02-10
dc.identifier.nim210910202129en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127939
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 19 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractTren pasar Coffee Cafe sebagai emerging business yang berimplikasi terhadap persebaran Coffee Cafe di Indonesia yang terus meningkat. Hal tersebut menyebabkan persaingan Coffee Cafe pada masa kini semakin kompetitif dan banyak diantaranya tidak mampu berkembang serta bersaing sehingga Coffee Cafe gulung tikar. Salah satu strategi yang diperlukan Coffee Cafe untuk bertahan pada persaingan dinamis dan mencapai keberhasilan usaha adalah dengan mengimplementasikan market sensing capability dan knowledge sharing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh market sensing capability terhadap business performance dengan knowledge sharing sebagai variabel mediasi (Studi Pada Coffee Cafe Jember). Kabupaten Jember merupakan salah satu sentra kopi nusantara yang berkembang pesat, khususnya di Kecamatan Sumbersari, Kaliwates, dan Patrang, karena keberadaan banyaknya perguruan tinggi di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 40 Coffee Cafe di wilayah Kabupaten Jember yang diperoleh dari identifikasi melalui Google Maps berdasarkan rating bintang 4-5. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 40 manajer atau pengelola Coffee Cafe, kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan software smartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa market sensing capability berpengaruh signifikan terhadap knowledge sharing, knowledge sharing berpengaruh signifikan terhadap business performance, market sensing capability berpengaruh signifikan terhadap business performance, dan market sensing capability berpengaruh signifikan terhadap business performance yang dimediasi melalui knowledge sharing pada Coffee Cafe di Jember. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa penting bagi manajer atau pengelola Coffee Cafe untuk mengembangkan market sensing capability dan mendorong knowledge sharing dalam organisasi. Proses ini memungkinkan informasi pasar digunakan untuk menyusun strategi yang tepat, sehingga Coffee Cafe dapat meningkatkan business performance ditengah persaingan yang kompetitif.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Wheny Khristianto, S.Sos., M.AB DPA: Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.ABen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectMarket sensing capabilityen_US
dc.subjectKnowledge sharingen_US
dc.subjectCoffee Cafeen_US
dc.subjectBusiness Performanceen_US
dc.titlePengaruh Market Sensing Capability Terhadap Business Performance dengan Knowledge Sharing Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Coffee Cafe Jember)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Bisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Wheny Khristianto, S.Sos., M.ABen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.ABen_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record