Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh kinerja pegawai terhadap
kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang.
Kinerja pegawai mengandung lima indikator yang dijadikan sebagai alat ukur yang
meliputi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian,
kemudian kualitas pelayanan mengandung lima indikator yang dapat dilihat sebagai
alat ukur yang meliputi bukti langsung, kehandalan, daya tangkap, jaminan, dan
empati. Peneliti mengambil responden sebanyak 57 responden. Metode penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif.
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, studi kepustakaan,
dan observasi. Uji validitas menggunakan Product Moment Pearson Correlation
dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan uji korelasi Rank Spearman dan uji signifikansi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa uji korelasi rank spearman sebesar 0,704 sehingga
diketahui adanya pengaruh kuat dari variabel kinerja pegawai terhadap kualitas
pelayanan, kemudian hasil dari uji signifikansi sebesar 7,351 yang nilainya lebih
besar dari nilai ttabel 2,00404 sehingga menghasilkan keputusan menerima H1.
Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada kinerja pegawai terhadap kualitas
pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang.