• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Learning Cycle 7E Berbantuan PhET Simulation Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK

    Thumbnail
    View/Open
    Ria Arista_210210102069 (923.0Kb)
    Date
    2025-03-20
    Author
    ARISTA, Ria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran ilmu sains yang membahas mengenai fenomena alamiah yang diinterpretasikan melalui rumus matematis untuk membuktikan validitas suatu gejala alam. Faktor yang signifikan dalam mempengaruhi rendahnya antusiasme siswa terhadap pembelajaran fisika ialah implementasi model pembelajaran yang kurang efektif. Pembelajaran masih berorientasi pada pendekatan teacher-centered, yang mana peran guru dalam proses pembelajaran masih mendominasi dibandingkan dengan partisipasi aktif siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa seringkali terbatas pada penerimaan penjelasan guru yang menyebabkan siswa menjadi pasif. Dengan demikian, proses pembelajaran belum dapat melatih dan mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa. Guru fisika harus kreatif dalam memilih model pembelajaran yang tepat dan menarik agar siswa tertarik pada pembelajaran fisika. Model Learning Cycle 7E merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, dimana model ini memberikan peluang kepada siswa untuk berkolaborasi dalam pertukaran gagasan, bekerja sama dengan rekan sejawat, berinteraksi secara aktif dengan guru, serta mengingat kembali terkait konsep yang telah dipelajari. Pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam memecahkan suatu permasalahan. Penerapan model Learning Cycle 7E dapat diintegrasikan dengan media simulasi interaktif yaitu PhET Simulation. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar fisika siswa SMK. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Jember pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental menggunakan Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan dengan uji homogenitas, kemudian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X DKV sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKP sebagai kelas kontrol. Data keterampilan kolaborasi siswa diperoleh dari hasil observasi oleh tujuh observer, sedangkan data hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil posttest pada kedua kelas. Hasil penelitian terkait pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan kolaborasi siswa SMK menggunakan data hasil observasi oleh observer. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 86,55 dan pada kelas kontrol sebesar 57,12. Hasil analisis data keterampilan kolaborasi siswa menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan kolaborasi siswa SMK. Hasil penelitian terkait pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika siswa SMK menggunakan data hasil posttest. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 87,43 dan pada kelas kontrol sebesar 71,67. Hasil analisis data hasil belajar fisika siswa menggunakan Mann Whitney U-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika siswa SMK. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini ialah ada pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar fisika siswa SMK.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127901
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository