Show simple item record

dc.contributor.authorARISTA, Ria
dc.date.accessioned2025-08-14T03:28:13Z
dc.date.available2025-08-14T03:28:13Z
dc.date.issued2025-03-20
dc.identifier.nim210210102069en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127901
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran fisika merupakan pembelajaran ilmu sains yang membahas mengenai fenomena alamiah yang diinterpretasikan melalui rumus matematis untuk membuktikan validitas suatu gejala alam. Faktor yang signifikan dalam mempengaruhi rendahnya antusiasme siswa terhadap pembelajaran fisika ialah implementasi model pembelajaran yang kurang efektif. Pembelajaran masih berorientasi pada pendekatan teacher-centered, yang mana peran guru dalam proses pembelajaran masih mendominasi dibandingkan dengan partisipasi aktif siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa seringkali terbatas pada penerimaan penjelasan guru yang menyebabkan siswa menjadi pasif. Dengan demikian, proses pembelajaran belum dapat melatih dan mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa. Guru fisika harus kreatif dalam memilih model pembelajaran yang tepat dan menarik agar siswa tertarik pada pembelajaran fisika. Model Learning Cycle 7E merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, dimana model ini memberikan peluang kepada siswa untuk berkolaborasi dalam pertukaran gagasan, bekerja sama dengan rekan sejawat, berinteraksi secara aktif dengan guru, serta mengingat kembali terkait konsep yang telah dipelajari. Pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam memecahkan suatu permasalahan. Penerapan model Learning Cycle 7E dapat diintegrasikan dengan media simulasi interaktif yaitu PhET Simulation. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar fisika siswa SMK. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Jember pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental menggunakan Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan dengan uji homogenitas, kemudian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X DKV sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKP sebagai kelas kontrol. Data keterampilan kolaborasi siswa diperoleh dari hasil observasi oleh tujuh observer, sedangkan data hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil posttest pada kedua kelas. Hasil penelitian terkait pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan kolaborasi siswa SMK menggunakan data hasil observasi oleh observer. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 86,55 dan pada kelas kontrol sebesar 57,12. Hasil analisis data keterampilan kolaborasi siswa menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan kolaborasi siswa SMK. Hasil penelitian terkait pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika siswa SMK menggunakan data hasil posttest. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 87,43 dan pada kelas kontrol sebesar 71,67. Hasil analisis data hasil belajar fisika siswa menggunakan Mann Whitney U-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika siswa SMK. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini ialah ada pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar fisika siswa SMK.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E. DPA: Drs. Maryani, M.Pd., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectModel Learning Cycle 7Een_US
dc.subjectPhET Simulationen_US
dc.subjectKeterampilan Kolaborasien_US
dc.subjectHasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePengaruh Model Learning Cycle 7E Berbantuan PhET Simulation Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMKen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Maryani, M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record