• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model PjBL Terintegrasi STEM Pada Pokok Bahasan Hukum Newton

    Thumbnail
    View/Open
    Silvia Yusiana Andarini_210210102020 (1.524Mb)
    Date
    2025-02-24
    Author
    ANDARINI, Silvia Yusiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran di abad ke-21 menuntut siswa memiliki keterampilan yang dapat membantu siswa bersaing dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Keterampilan yang perlu dikembangkan adalah 6C (critical thinking, creativity, collaboration, communication, citizenship, character), yang menekankan pembelajaran berpusat pada siswa. Salah satu keterampilan yang dapat mendukung proses pembelajaran di kelas adalah keterampilan berpikir kritis. Menurut hasil wawancara, ditemukan bahwa kurangnya partisipasi aktif siswa selama pembelajaran, seperti jarang bertanya atau menyampaikan pendapat. Hal tersebut menunjukkan belum terlatihnya keterampilan berpikir kritis. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam memahami pokok bahasan hukum Newton, karena sifat konsep gaya dan gerak yang cenderung abstrak. Model pembelajaran PjBL yang terintegrasi STEM dinilai dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model PjBL berbasis STEM dalam materi hukum Newton. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cluring, Kabupaten Banyuwangi, pada kelas XI-8 dengan jumlah partisipan sebanyak 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, meliputi tahapan plan, design, prepare, collect, analyze, dan share. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, LKPD, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Kredibilitas data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat indikator berada dalam kategori baik, sedangkan satu indikator masih tergolong kurang. Indikator interpretasi berada pada kategori kurang karena sebagian siswa belum mampu mengidentifikasi masalah pada studi kasus mobil kargo dan mengungkapkan solusinya. Indikator analisis dikategorikan baik, yang terlihat dari kemampuan siswa menghubungkan prinsip hukum Newton dari literatur dengan perancangan mobil kargo agar lebih efisien. Indikator evaluasi juga berada dalam kategori baik, ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam mengevaluasi desain mobil kargo, memilih alat dan bahan yang sesuai, serta menyusun langkah kerja yang sistematis berdasarkan hasil diskusi. Indikator inferensi termasuk kategori baik, terlihat pada kemampuan siswa menyimpulkan hasil percobaan dan membandingkan dengan prinsip hukum Newton serta faktor yang mempengaruhi hasil. Indikator eksplanasi juga dalam kategori baik, terbukti dari kemampuan siswa menjelaskan kesulitan dalam pembuatan mobil kargo serta merencanakan perbaikan berdasarkan hasil percobaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa melalui model PjBL terintegrasi STEM dapat dianalisis berdasarkan setiap indikator. Indikator analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, menunjukkan hasil yang baik. Namun, indikator interpretasi masih perlu ditingkatkan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127900
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository