Show simple item record

dc.contributor.authorANDARINI, Silvia Yusiana
dc.date.accessioned2025-08-14T03:25:25Z
dc.date.available2025-08-14T03:25:25Z
dc.date.issued2025-02-24
dc.identifier.nim210210102020en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127900
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran di abad ke-21 menuntut siswa memiliki keterampilan yang dapat membantu siswa bersaing dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Keterampilan yang perlu dikembangkan adalah 6C (critical thinking, creativity, collaboration, communication, citizenship, character), yang menekankan pembelajaran berpusat pada siswa. Salah satu keterampilan yang dapat mendukung proses pembelajaran di kelas adalah keterampilan berpikir kritis. Menurut hasil wawancara, ditemukan bahwa kurangnya partisipasi aktif siswa selama pembelajaran, seperti jarang bertanya atau menyampaikan pendapat. Hal tersebut menunjukkan belum terlatihnya keterampilan berpikir kritis. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam memahami pokok bahasan hukum Newton, karena sifat konsep gaya dan gerak yang cenderung abstrak. Model pembelajaran PjBL yang terintegrasi STEM dinilai dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model PjBL berbasis STEM dalam materi hukum Newton. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cluring, Kabupaten Banyuwangi, pada kelas XI-8 dengan jumlah partisipan sebanyak 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, meliputi tahapan plan, design, prepare, collect, analyze, dan share. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, LKPD, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Kredibilitas data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat indikator berada dalam kategori baik, sedangkan satu indikator masih tergolong kurang. Indikator interpretasi berada pada kategori kurang karena sebagian siswa belum mampu mengidentifikasi masalah pada studi kasus mobil kargo dan mengungkapkan solusinya. Indikator analisis dikategorikan baik, yang terlihat dari kemampuan siswa menghubungkan prinsip hukum Newton dari literatur dengan perancangan mobil kargo agar lebih efisien. Indikator evaluasi juga berada dalam kategori baik, ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam mengevaluasi desain mobil kargo, memilih alat dan bahan yang sesuai, serta menyusun langkah kerja yang sistematis berdasarkan hasil diskusi. Indikator inferensi termasuk kategori baik, terlihat pada kemampuan siswa menyimpulkan hasil percobaan dan membandingkan dengan prinsip hukum Newton serta faktor yang mempengaruhi hasil. Indikator eksplanasi juga dalam kategori baik, terbukti dari kemampuan siswa menjelaskan kesulitan dalam pembuatan mobil kargo serta merencanakan perbaikan berdasarkan hasil percobaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa melalui model PjBL terintegrasi STEM dapat dianalisis berdasarkan setiap indikator. Indikator analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, menunjukkan hasil yang baik. Namun, indikator interpretasi masih perlu ditingkatkan.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Nila Mutia Dewi, S.Pd., M.PFis DPA: Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectModel PjBL Terintegrasi STEMen_US
dc.subjectHukum Newtonen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kritisen_US
dc.titleAnalisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model PjBL Terintegrasi STEM Pada Pokok Bahasan Hukum Newtonen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Nila Mutia Dewi, S.Pd., M.PFisen_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Sien_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record