• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga LCT ( Landing Craft Tank ) pada Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Aan Hunaifi Uhwana_Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga LCT ( Landing Craft Tank ) Pada Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.pdf (1.054Mb)
    Date
    2023-07-25
    Author
    UHWANA, Aan Hunaifi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembahasan pada penelitian ini ialah mendapatkan hasil kinerja dari pelabuhan, yakni dengan melakukan tolak ukur kegiatan berdasarkan indikator waktu tunggu kapal (waiting time), waktu pelayanan pemanduan (approach time), waktu efektif (effective time dibanding berth time) dan untuk mencegah terjadinya penumpukan pada dermaga perlu adanya proyeksi nilai berth occupancy ratio (BOR) pada periode tahun tertentu sebagai bahan pertimbangan melakukan pengembangan. Analisis Berth Occupancy Ratio (BOR) Berth occupancy ratio (BOR) atau tingkat pemakaian dermaga adalah perbandingan antara jumlah waktu pemakaian tiap dermaga yang tersedia dengan jumlah waktu yang selama satu periode bulan atau tahun yang dinyatakan dalam persentase (Manik, 2016).Berdasarkan data sekunder yakni data arus kapal dari tahun 2019-2023, dihitung tingkat pengunaan dermaga mengunakan rumus BOR BOR(Vs x St)/(waktu efektif x n) x 100% (Persamaan 1 ) Hasil dari nilai BOR tersebut kemudian dianalisis keterkaitan kinerja dermaga terhadap jumlah kunjungan kapal. Kemudian analisis regresi linier digunakan untuk memproyeksi jumlah kujungan kapal dari tahun ke tahun, dan memproyeksi jumlah kunjungan kapal jangka panjang yakni 10 tahun dengan rumus regresi Rumus regresi: Y a + b. X .(Persamaan 2) Analisis Tingkat Pemakaian DermagaTingkat Pemakain Dermaga Pengunaan fasilitas dermaga dapat di ukur dengan presentase ejumlah kunjungan kapal pada periode satu tahun dengan waktu efektif dala satu hari yang dinyatakan dalam presentase.Dari jumlah arus kapal pada tabel 4.1 maka di dapat nilai berth occupancy ratio (BOR) sebesar 77 % .Berikut contoh perhitungan manual : BOR (Vs x St)/(waktu efektif x n) x 100% (35040 x 24)/(365 x 3) x 100% 77 % Hasil perhitungan Bor dari tahun 2019 sampai 2023 ditunjukan pada tabel Hasil perhitungan tersebut kemudian di analisis menggunakan standart BOR yang ada yaitu dari UNTCAD.Dimana dari hasil perhittungan tersebyt didaptkan rata – rata bor dari tahun ketahun sama yaitu berkisar di sekitar 77% .Nilai BOR pada dermaga LCT sudah melebihi dari nilai standar yang disarankan oleh pihak UNTCAD
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127857
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4361]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository