Show simple item record

dc.contributor.authorUHWANA, Aan Hunaifi
dc.date.accessioned2025-08-12T06:19:51Z
dc.date.available2025-08-12T06:19:51Z
dc.date.issued2023-07-25
dc.identifier.nim191910301140en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127857
dc.descriptionValidasi_firli_12_agustus_25; Finalisasi oleh Taufik_Dinda Tgl 12 Agustus 2025en_US
dc.description.abstractPembahasan pada penelitian ini ialah mendapatkan hasil kinerja dari pelabuhan, yakni dengan melakukan tolak ukur kegiatan berdasarkan indikator waktu tunggu kapal (waiting time), waktu pelayanan pemanduan (approach time), waktu efektif (effective time dibanding berth time) dan untuk mencegah terjadinya penumpukan pada dermaga perlu adanya proyeksi nilai berth occupancy ratio (BOR) pada periode tahun tertentu sebagai bahan pertimbangan melakukan pengembangan. Analisis Berth Occupancy Ratio (BOR) Berth occupancy ratio (BOR) atau tingkat pemakaian dermaga adalah perbandingan antara jumlah waktu pemakaian tiap dermaga yang tersedia dengan jumlah waktu yang selama satu periode bulan atau tahun yang dinyatakan dalam persentase (Manik, 2016).Berdasarkan data sekunder yakni data arus kapal dari tahun 2019-2023, dihitung tingkat pengunaan dermaga mengunakan rumus BOR BOR(Vs x St)/(waktu efektif x n) x 100% (Persamaan 1 ) Hasil dari nilai BOR tersebut kemudian dianalisis keterkaitan kinerja dermaga terhadap jumlah kunjungan kapal. Kemudian analisis regresi linier digunakan untuk memproyeksi jumlah kujungan kapal dari tahun ke tahun, dan memproyeksi jumlah kunjungan kapal jangka panjang yakni 10 tahun dengan rumus regresi Rumus regresi: Y a + b. X .(Persamaan 2) Analisis Tingkat Pemakaian DermagaTingkat Pemakain Dermaga Pengunaan fasilitas dermaga dapat di ukur dengan presentase ejumlah kunjungan kapal pada periode satu tahun dengan waktu efektif dala satu hari yang dinyatakan dalam presentase.Dari jumlah arus kapal pada tabel 4.1 maka di dapat nilai berth occupancy ratio (BOR) sebesar 77 % .Berikut contoh perhitungan manual : BOR (Vs x St)/(waktu efektif x n) x 100% (35040 x 24)/(365 x 3) x 100% 77 % Hasil perhitungan Bor dari tahun 2019 sampai 2023 ditunjukan pada tabel Hasil perhitungan tersebut kemudian di analisis menggunakan standart BOR yang ada yaitu dari UNTCAD.Dimana dari hasil perhittungan tersebyt didaptkan rata – rata bor dari tahun ketahun sama yaitu berkisar di sekitar 77% .Nilai BOR pada dermaga LCT sudah melebihi dari nilai standar yang disarankan oleh pihak UNTCADen_US
dc.description.sponsorshipIr.Sonya Sulistyono, S.T.,M.T, Ir.Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectBERHT OCCUPANCY RATIOen_US
dc.subjectDERMAGAen_US
dc.subjectLANDING CRAFT TANKen_US
dc.subjectPELABUHAN KETAPANGen_US
dc.subjectKINERJA PELABUHANen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Pelayanan Dermaga LCT ( Landing Craft Tank ) pada Pelabuhan Ketapang Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Sipilen_US
dc.identifier.pembimbing1Ir.Sonya Sulistyono, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ir.Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_12_agustus_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record