dc.contributor.author | UHWANA, Aan Hunaifi | |
dc.date.accessioned | 2025-08-12T06:19:51Z | |
dc.date.available | 2025-08-12T06:19:51Z | |
dc.date.issued | 2023-07-25 | |
dc.identifier.nim | 191910301140 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127857 | |
dc.description | Validasi_firli_12_agustus_25; Finalisasi oleh Taufik_Dinda Tgl 12 Agustus 2025 | en_US |
dc.description.abstract | Pembahasan pada penelitian ini ialah mendapatkan hasil kinerja dari pelabuhan, yakni dengan melakukan tolak ukur kegiatan berdasarkan indikator waktu tunggu kapal (waiting time), waktu pelayanan pemanduan (approach time), waktu efektif (effective time dibanding berth time) dan untuk mencegah terjadinya penumpukan pada dermaga perlu adanya proyeksi nilai berth occupancy ratio (BOR) pada periode tahun tertentu sebagai bahan pertimbangan melakukan pengembangan. Analisis Berth Occupancy Ratio (BOR) Berth occupancy ratio (BOR) atau tingkat pemakaian dermaga adalah perbandingan antara jumlah waktu pemakaian tiap dermaga yang tersedia dengan jumlah waktu yang selama satu periode bulan atau tahun yang dinyatakan dalam persentase (Manik, 2016).Berdasarkan data sekunder yakni data arus kapal dari tahun 2019-2023, dihitung tingkat pengunaan dermaga mengunakan rumus BOR BOR(Vs x St)/(waktu efektif x n) x 100% (Persamaan 1 ) Hasil dari nilai BOR tersebut kemudian dianalisis keterkaitan kinerja dermaga terhadap jumlah kunjungan kapal. Kemudian analisis regresi linier digunakan untuk memproyeksi jumlah kujungan kapal dari tahun ke tahun, dan memproyeksi jumlah kunjungan kapal jangka panjang yakni 10 tahun dengan rumus regresi Rumus regresi: Y a + b. X .(Persamaan 2) Analisis Tingkat Pemakaian DermagaTingkat Pemakain Dermaga Pengunaan fasilitas dermaga dapat di ukur dengan presentase ejumlah kunjungan kapal pada periode satu tahun dengan waktu efektif dala satu hari yang dinyatakan dalam presentase.Dari jumlah arus kapal pada tabel 4.1 maka di dapat nilai berth occupancy ratio (BOR) sebesar 77 % .Berikut contoh perhitungan manual : BOR (Vs x St)/(waktu efektif x n) x 100% (35040 x 24)/(365 x 3) x 100% 77 % Hasil perhitungan Bor dari tahun 2019 sampai 2023 ditunjukan pada tabel Hasil perhitungan tersebut kemudian di analisis menggunakan standart BOR yang ada yaitu dari UNTCAD.Dimana dari hasil perhittungan tersebyt didaptkan rata – rata bor dari tahun ketahun sama yaitu berkisar di sekitar 77% .Nilai BOR pada dermaga LCT sudah melebihi dari nilai standar yang disarankan oleh pihak UNTCAD | en_US |
dc.description.sponsorship | Ir.Sonya Sulistyono, S.T.,M.T,
Ir.Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | BERHT OCCUPANCY RATIO | en_US |
dc.subject | DERMAGA | en_US |
dc.subject | LANDING CRAFT TANK | en_US |
dc.subject | PELABUHAN KETAPANG | en_US |
dc.subject | KINERJA PELABUHAN | en_US |
dc.title | Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga LCT ( Landing Craft Tank ) pada Pelabuhan Ketapang Banyuwangi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Teknik Sipil | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir.Sonya Sulistyono, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ir.Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.validator | Validasi_firli_12_agustus_25 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |