Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Anglo Saxon Tavern Jember
Abstract
Pada masa kini, perkembangan bisnis berkembang pesat di Indonesia
dimana bisnis dianggap menarik untuk dikulik. Banyaknya bisnis kuliner di
Indonesia membuat persaingan bisnis menjadi ketat yang dimana mengharuskan
pelaku usaha mencari cara agar dapat menarik hati konsumen dengan memahami
kebutuhan konsumen. Pelaku usaha harus mampu memaksimalkan kinerjanya
agar dapat bersaing dan bertahan.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh konsumen. Lokasi
penelitian bertempatan di Cafe Anglo Saxon Tavern Jember. Pengambilan sampel
pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan total jumlah sampel
berjumlah 120 dengan bantuan rumus Ferdinand. Bertujuan untuk meneliti
hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen, pertanyaan
berasal dari item definisi operasional variabel dengan melakukan uji statistik
menggunakan bantuan SPSS.
Hasil penelitian ini merupakan hasil kuesioner yang telah disebar kepada
konsumen Cafe Anglo Saxon Tavern Jember. Hasil penelitian ini menunjukkan
terdapat pengaruh signifikan antar variable, yang berarti 1. terdapat pengaruh
store atmosphere terhadap kepuasan konsumen, 2. terdapat pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dan 3. terdapat pengaruh store
atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.