• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Tiwul Instan di Kabupaten Trenggalek

    Thumbnail
    View/Open
    Meihilda Dona Pratiwi_191510601008.pdf (2.222Mb)
    Date
    2023-07-14
    Author
    PRATIWI, Meihilda Dona
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pangan merupakan kebutuhan penting bagi manusia untuk memenuhi kelangsungan hidupnya. Kebutuhan beras sebagai makanan pokok yang sangat banyak di Indonesia membuat pemerintah harus melakukan kegiatan impor yang dapat menyebabkan ketergantungan. Indonesia padahal memiliki pangan lokal non beras yang beraneka ragam di tengah masyarakat. Tiwul instan merupakan contoh produk pangan lokal yang terbuat dari ubi kayu sebagai sumber karbohidrat dan pangan fungsional yang sudah dikenal masyarakat luas. Kebiasaan mengonsumsi tiwul salah satunya sudah dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Trenggalek sejak dahulu sebagai makanan pengganti nasi ketika perekonomian sulit sehingga tidak dapat menjangkau harga beras. Konsumsi tiwul masyarakat di Kabupaten Trenggalek masih berlangsung hingga saat ini dengan produk tiwul instan yang lebih praktis sebagai pangan alternatif pendamping nasi. Namun, produksi tiwul instan masih dilakukan secara sederhana oleh perorangan dalam skala kecil dan bersifat musiman. Selain itu, produksi ubi kayu mengalami penurunan akibat serangan hama dan alih fungsi laham, sehingga pasokan produk tiwul instan di pasaran menjadi terbatas serta harganya lebih mahal dari beras. Kenaikan harga tiwul instan tersebut diduga dapat memengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian produk seiring peranannya sebagai pangan alternatif sehingga dimungkinkan upaya diversifikasi dan ketahanan pangan menjadi terhambat. Hasil pada penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan mendukung pengembangan tiwul instan oleh produsen sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses keputusan pembelian tiwul instan, sikap konsumen terhadap atribut produk tiwul instan, dan faktorfaktor yang memengaruhi keputusan pembelian tiwul instan oleh konsumen akhir di Kabupaten Trenggalek. Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling di Kabupaten Trenggalek dengan pertimbangan sebagai salah satu sentra produksi ubi kayu di Provinsi Jawa Timur dan masyarakatnya memiliki kebiasaan konsumsi tiwul instan hingga saat ini. Penelitian ini dilakukan di 2 (dua) pasar tradisional daerah yang berada di pusat kota yaitu Pasar Pon dan Pasar Basah Trenggalek untuk menjangkau konsumen akhir dari berbagai wilayah dengan produk tiwul instan non-merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Adapun pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental sampling pada 90 orang pengunjung pasar tradisional sebagai konsumen akhir tiwul instan. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis multiatribut/fishbein, dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) proses keputusan pembelian tiwul instan di Kabupaten Trenggalek dilakukan melalui 5 (lima) tahapan yaitu a) tahap pengenalan kebutuhan; b) tahap pencarian informasi; c) tahap evaluasi alternatif; d) tahap keputusan pembelian; dan e) tahap evaluasi pasca pembelian; (2) sikap konsumen terhadap atribut produk tiwul instan di Kabupaten Trenggalek adalah netral (77,68) dengan atribut produk yang paling dipertimbangkan yaitu warna (14,10); (3) lima faktor yang memengaruhi keputusan pembelian tiwul instan di Kabupaten Trenggalek yaitu pertama faktor sosial berupa variabel pengaruh lingkungan sekitar dan pengaruh penjual, kedua faktor keluarga meliputi variabel jumlah anggota keluarga dan pendapatan keluarga, ketiga faktor pribadi yaitu variabel usia pembeli dan pekerjaan, keempat faktor daya tarik berupa variabel kemasan, kemudahan memperoleh, dan daya tahan kenyang, serta kelima faktor harga dan warna yaitu variabel harga beras, harga tiwul instan, dan warna.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127836
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4484]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository