• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Delphia Setya Cahyani_190210101114 (1.122Mb)
    Date
    2023-07-24
    Author
    CAHYANI, Delphia Setya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana kegiatan pembelajaran agar siswa aktif. Kegiatan pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama, dari seluruh aktivitas yang ada di sekolah. Dimana dari kegiatan pembelajaran ini siswa memperoleh ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh guru. Permasalahan yang biasanya dihadapai dalam proses pembelajaran kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan, sehingga hasil belajar yang didapatkan siswa masih ada yang rendah. Penggunaan model pembelajaran perlu dipahami, agar kegiatan pembelajaran dapat efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu mata pelajaran yang akan dibahas yaitu matematika. Materi yang terdapat pada mata pelajaran matematika yaitu statistika. Berdasarkan hasil penelitian Febrianti & Chotimah (2020), diperoleh bahwa siswa kesulitan dalam memahami mata pelajaran matematika materi statistika. Siswa kurang teliti terhadap soal yang diberikan karena mereka cenderung menyelesaikan soal terlebih dahulu dari pada memahami. Dalam kegiatan pembelajaran statistika, siswa perlu dibiasakan dan dilibatkan agar paham dalam mengolah dan menginterprestasikan data. Dari permasalahan yang dibahas, maka dilakukan upaya untuk mengetahui perbandingan apabila siswa diajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) untuk mengetahui model pembelajaran mana yang memberikan pemahaman dan hasil belajar siswa lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan dari model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Berbantuan Canva pada Materi Statistika SMP. Subjek pada penelitian yaitu dua kelas, dengan masing-masing kelas diberi perlakuan model pembelajaran PjBL dan PBL. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu RPP, LKPD dan tes evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kelas PjBL pada nilai post-test didapatkan rata-rata sebesar 82,00 dengan siswa masuk pada kategori ketuntasan sebesar 84% atau sebanyak 21 siswa dan pada kelas PBL diperoleh rata-rata 73,80 dengan siswa masuk pada kategori ketuntasan sebesar 68% atau sebanyak 17 siswa. Pada masing-masing model pembelajaran dilakukan uji N-Gain untuk mengukur tingkat keefektifan. Dihasilkan model pembelajaran PjBL masuk ke dalam kategori tinggi, sedangkan PBL masuk ke dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran PjBL dan PBL, dapat dilihat dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai sig. sebesar 0,048 < 0,05 maka, model pembelajaran PjBL lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata yang didapatkan sebesar 82,00.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127522
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15520]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository